Kepemimpinan Kades Linonggasai Dapat Apresiasi dari Wakil Ketua DPRD Konawe

108
0
BERBAGI
Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto saa memberikan bantuan alsistas kepada masyarakat Linonggasai

Kepemimpinan Kepala Desa (Kades) Linonggasai L. Tuduan dapat apresiasi dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Rusdianto, SE, MM dalam memimpin masyarakatnya.

“Desa Linonggasai dihuni oleh masyarakat multi etnis, bisa dibilang miniatur Indonesia. Tidak gampang menjadi pemimpin di desa ini,” kata Rusdianto dalam sebutannya sebelum menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada 31 penerima manfaat.

Kata Rusdianto, dengan menajemen terbuka atau transparansi dalam mengelola anggaran Dana Desa, Kades Linonggasai berhasil membangun Desa dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

“Meski multi etnis, tetapi masyarakat Linonggasai bisa hidup rukun dan damai. Itu artinya, pemimpinnya berlaku adil,” terang RD panggilan akrab Wakil Ketua DPRD Konawe.

Oleh karenanya, RD berharap Desa Linonggasai bisa menjadi contoh bagi desa lain dalam mengelola anggaran Dana Desa. Setiap keputusan penggunaan anggaran itu melibatkan semua aparat dan berdasarkan atau mengacu dari hasil musyawarah desa (Musdes).

Di tempat yang sama, Kepala Desa Linonggasai L Tuduan mengatakan untuk anggaran Dana Desa tahun 2024. Pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 145juta untuk Program Ketahanan Pangan Desa,

“20 persen dari pagu 750juta itu dialokasikan untuk program ketahanan pangan desa,” kata L Tuduan.

Menurut Kades, untuk menyukseskan program Ketahanan Pangan di Desa Linonggasai, dirinya telah mengadakan 22 Unit Mesin Pemotong Rumput, dua Unit Tangki Cas, dan tujuh Unit Handtraktor.

“Bantuan alsintan ini diberikan untuk memudahkan petani. Kita berharap bantuan ini bisa membantu petani kita meningkatkan produksi pertaniannya sehingga dapat menjadi nilai tambah yang mengarah kepada kesejahteraan petani itu sendiri,” pungkas Kades Linonggasai.

Diketahui, selain memiliki lahan pertanian yang melimpah untuk tanaman padi dan hortikultura, Desa Linonggasai juga dikenal sebagai desa yang kaya akan budidaya ikan air tawar.

Di bawah kepemimpinan Kades L Tuduan, Desa Linonggasai telah mengukir berbagai prestasi yang mengharumkan nama daerah. Desa Linonggasai juara satu lomba desa tingkat Kabupaten Konawe dan juga juara satu lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara pada tahun 2022 lalu. Prestasi yang diraih Desa Linonggasai itu tentunya berkaitan erat dengan manajemen pemerintahan Kapela Desa, L Tuduan. (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY