31 Desa Di Konawe Terima BLT DD, Diserahkan Langsung Oleh Bupati Secara Simbolis

823
0
BERBAGI
Bupati Konawe Kery saiful Konggoasa saat menyerahkan BLT DD kepada Penerima secara simbolis

UNAAHA-KONAWEKITA- Bupati Konawe Kery saiful Konggoasa menyerahkan Bantuan Langsuang Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD), kepada 31 desa secara sibolis. Bantuan itu diperuntukan untuk mengurangi beban masyarakat Konawe yang terdampak Wabah Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), di Kantor BPMD Konawe, Senin (19/5/2020)

Bupati Kery dalam sambutannya, mengapresiasi langka dari kementrian Desa melalui program BLT DD, termasuk dalam data penerima bantuan tunai yang tepat sasaran dalam rangka meningkatkan kesejateraan masyarakat dalam kondisi pandemi corona atau covid 19 saat ini.

“Saya sebagai bupati sangat berterima kasih kepada menteri desa yang telah memprogramkan dana bantuan tunai,bapak menteri sangat paham dengan tupoksi sehingga apa yang menjadi harapan bapak presiden dapat tepat sasaran,”ujarnya.

Untuk jumlah penerima bantuan BLT tersebut dilakukan Musyawarah Desa (Musdes) khusus dengan kriteria sesuai surat edaran mendes No 11 serta permendes no 6 tahun 2020 data penerima ini sudah melalui tahapan yang di amanahkan dalam permendes no 6 dan suran edaran mendes serta petunjuk teknis pendataan.

Kery juga meminta kepada semua pihak mengawal program BLT Dana Desa tersebut supaya Masyarakat benar benar terbantukan dengan program tersebut saya harap semua pihak terutama kepala desa mengawal program tersebut.

Ditempat yang sama Kadis Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Konawe, Keniyuga Permana mengatakan dari data RKUDes yang diterima oleh BPMD Konawe baru 227 Desa yang sudah terdata dari jumlah 291 desa sekabupaten Konawe dengan jumlah penerima bantuan sekitar 14700 lebih jiwa, dengan alokasi dana untuk tiga bulan sebesar 28 Milyar

“Tahap selanjutnya sekitar 43 desa yang akan dilakukan pencairan BLT Dana Desa,” jelasnya.

Menurutnya, progres pembayaran BLT Dana Desa Kabupaten Konawe sangat terlambat untuk pencairan BLT Dana Desa yang dilakukan saat ini merupakan pencairan untuk bulan April 2020, sementara mekanisme pencairan dilihat dari kelengkapan dokumen yang akan di teruskan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

“Pencairan BLT Dana Desa untuk para masyarakat akibat dampak Covid 19 ini kita usahakan tersalur sebelum lebaran,” Ungkapnya. (Red/KK)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY