Dewan Dukung Upaya Pemda Tingkatkan SDM Masyarakat Konawe

164
0
BERBAGI
Ketua DPRD Konawe, Dr. Ardin, M.Si bersama Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) dan Wakil Ketua I DPRD Konawe, Kadek Rai Sudiani pada Saat Sidang paripurna Istimewa HUT Kabupaten Konawe ke-62 di Gedung ABD Samad DPRD Konawe, Rabu (2/3/2022).

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe mendukung upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, dalam upya meningkatkan Sumber Daya Manusian (SDM) masyarakat Kabupaten Konawe, melalui pemberian beasiswa untuk putra- putri maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Konawe untuk melanjutkan pendidikan ketingkat Srata Satu (S1) dan Srata Dua (S2). Termasuk infrasruktur pendidikan

Hal ini sesuai dengan visi-misi Kery Saiful Konggoasa (KSK) yang tertuang program Konawe Cerdas, Pemda Kabupaten Konawe senantiasa mewujudkannya dalam bentuk peningkatan Sumber Daya Manusia masyarakat termasuk peningkatan infrasruktur pendidikan.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, Dr. Ardin, M.Si berharap kedepannya sebagaimana program pemerintah daerah Kabupaten Konawe yakni membangun jiwa masyarakat Konawe, akan lahir generasi yang brilian yang berkarakter Konawe. Belajar memahami dan berpikir secara menyeluruh untuk dapat mengubah cara pandang dan cara berpikir supaya menjadi dewasa.

Kata dia, DPRD Kabupaten Konawe berpandangan, bahwa pemerintah daerah sudah berjalan di atas rel yang tepat di mana pembangunan tidak hanya fisik belaka tetapi secara berlahan membangun jiwa masyarakat Konawe.

Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Dr. Ardin, M.Si

“Bahwa di masa yang akan datang kita harapkan akan lahir generasi brilian tetapi tetap berkarakter Konawe”. kata Dr. Ardin saat Paripurna HUT Konawe ke-6, Rabu (2/3/2022).

Menurutnya, Para interpreneur di segala bidang ini tetap berkarakter Konawe yang dapat membangun kearifan lokal sebagai garda terdepan dalam membangun stabilitas politik untuk mendorong percepatan visi dan misi kepala daerah, untuk menuju masyarakat berkarakter dan religius.

Peningkatan Sumber Daya Manusia itu sendiri diwujudkannya dengan memberikan beasiswa bagi putra dan putri yang berprestasi baik itu Srata satu (S1) maupun Strata dua (S2). KSK juga menyekolahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup pemda Konawe.

Sebelumnya Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe akan menyekolahkan putra-putri dan ASN Konawe untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang strata dua (S2) serta ke Fakultas Kedokteran. Untuk mensukseskan program tersebut, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengarahkan pemerintah kecamatan untuk melakukan pendataan.

Bupati Kabupaten Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK)

“Mulai tahun ini kita akan sekolahkan ASN dan anak-anak kita, untuk S2 cuma ada beberapa kecamatan ini sampai sekarang belum ada, itu kita semua cari anak-anak untuk di S2 kan masih agak susah” Kata KSK saat menyampaikan Pidato Pada Sidang paripurna Istimewa HUT Kabupaten Konawe ke-62 di Gedung ABD Samad DPRD Konawe, Rabu (2/3/2022).

Dengan program tersebut, orang nomor satu di Konawe ini optimis Sumber Daya Manusia (SDM) di Konawe akan terpenuhi, yang nantinya dapat seimbang antara pendapatan daerah dengan kualitas sumber daya manusia kedepannya.

”Pada bulan Maret semester genap tahun 2022 kita akan sekolahkan anak ASN dan masyarakat kita untuk program studi Strata Dua (S2) dan nantinya pada semester ganjil untuk falkutas kedokteran kita sekolahkan,” terang Kery.

Menurut KSK, ada beberapa kecamatan yang belum ada, Soropia, Lalonggasumeeeto dan Sampara, sehingga pihaknya menyarankan untuk dilakukan pendataan.

Suasana Sidang Paripurna DPRD Konawe

“Tolong, saya harapkan kalau da keluarga yang akan S2 kita masih kekurangan. Nanti di smester ganjil fakultas kedoteran juga kita akan sekolahkan juga” harap orang nomor satu Konawe ini.

Untuk diketahui beasiswa itu terdiri dari berbagai jurusan seperti perikanan, pertanian, akuntasi dan hukum dengan rincian pembagian kuato beasiswa tersebut terdiri dari, 40 untuk Strata 1 (S1), 40 untuk S2, itu khusus Aparat Sipil Negara (ASN). Kemudian ada yang non ASN itu diperuntukkan kepada generasi muda yang berada di Kabupaten Konawe sebanyak 29 untuk S2.

Selain itu, guna mewujudkan program Konawe Cerdas yang tertuang dalam salah satu Program Konawe Gemilang Pemerintah Kabupaten Konawe, diwujudkn melalui pencapaian pembangunan infrastruktur disektor pendidikan hingga mencapai 85 Persen.

Capain itu merupakan salah satu bentuk support dari Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa atas kepeduliannya maupun pengindahan dari arahan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Dikti terkait pengembangan pendidikan.

Pemenuhan pembangunan insfrastruktur telah dilakukan mulai dari kota sampai pelosok yang ada di Kabupaten Konawe. Khusus infrastruktur di sektor pendidikan, 85 persen sudah terpenuhi dan layak di manfaatkan bagi anak-anak yang ada di Kabupaten Konawe (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY