Dinkes Konawe Launching Laika Mendidoha

228
0
BERBAGI
Suasana pemberian makanan bernutrisi kepada masyarakat oleh Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, Laika Mendidoha Sorume Kelurahan Wawonggle Kecamatan Unaaha.

Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Launching Laika Mendidoha, yang merupakan program pelayanan kesehatan dalam mengatasi gizi buruk dan stunting di Kabupaten Konawe. Launching Program Laika mendidoda ini dibuka dan diresmikan oleh Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara di Kelurahan Wawonggole Kecamatan Unaaha, Kamis (24/9/2020).

Turut hadir dalam acara launching Laika Mendidoha, Sekda Konawe Ferdinan Sapan, Kadis Kesehatan Kabupaten Konawe, dr Mawardi Taligana, Kepala RS BLUD Konawe dr. Agus Lahida, Wakil Ketua TP PKK Kabupate Konawe Cici Ita Ristianty dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Konawe.

Kadis Kesehatan Kabupaten Konawe dr. Mawardi Taligana mengatakan, Laika mendidoha merupakan suatu inovasi untuk memadukan konsep pelayanan kesehatan di kabupaten konawe dalam rangka mengatasi gizi buruk dan stunting.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten KOnawe dr. Mawar Taligana saat menyampikan Sambutan dalam acara pembukaan dan peresmian laika mendidoha

Dalam mengatasi gizi buruk dan stunting pada balita kata dia, pencegahan dilakukan sejak bayi masi dalam kandungan ibu dengan mengontrol kehamilan oleh bidan, disertai dengan menganjurkan dan memberikan contoh menu untuk pemenuhan gizi ibu hamil. Paska melahirkan pemberian ASI eksklusif selama 6 (enam) bulan dan dipantau oleh bidan dan tenaga gizi yang bekerja sama dengan kader kesehatan.

Pemberian makanan tambahan lanjutnya, berbahan dasar lokal kepada balita 2 (dua) kali dalam seminggu terutama pada balita gizi buruk dan gizi kurang, dilakukan konseling oleh tenaga ahli gizi. Penimbangan balita diharapkan akan memperbaiki gizi balita.

Menurut Kadiskes Konawe ini, sebelumnya sudah pernah ada Rumah Pemulihan Gizi yang kegiatannya hanya menangani balita gizi buruk dan gizi kurang. di Laika Mendidoha ini bukan hanya untuk anak-anak atau balita dengan gizi buruk, tapi Juga dengan ibu hamil dan lbu menyusui.

“Dalam pemberian menu pemulihan gizi kami akan melibatkan stakeholder ahli penata gizi untuk menyusun menu untuk lbu hamil dan ibu menyusui serta Balita gizi buruk dan gizi kurang” Kata dr. Mawar.

Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara saat menyampikan sambutan sekaligus membuka dan meresmikan Launching Laika Mendidoha

Sementara itu Wabup Konawe Gusli Topan Sabara dalam sambutan nya mengatakan, untuk melakukan segala kegiatan harus mengutamakan sehat terlebih dahulu, karena modal dasarnya bukan koneksi yang besar dan jaringan yang luas tetapi serta modal yang besar, tetapi yang utama adalah sehat.

“kita harus sehat dulu baru bisa melakukan kegiatan lain nya, ini merupakan rahmat dari Allah SWT yang harus kita jaga. Maka dari itu kita harus menjaga keluarga kita termasuk anak anak kita agar meningkatkan dan menjaga kesehatan keluarga kita demi masa depan yang lebih baik” Jelas Wabup Konawe.

Dan agar anak-anak dapat tumbuh sehat, kuat dan cerdas, maka harus terpenuhi kebutuhan nutrisi nya. Dan dengan ada nya laika mendidoha ini. Dirinya meminta untuk dijalankan dengan penuh

Suasana pembukaan dan peresmian Laika Mendidoha di Kelurahan Wawonggole kecamatan Unaaha

tanggung jawab, agar kelak anak-anak dapat tumbuh sehat dan cerdas yang dapat ikut berkontribusi dalam membangun negeri leluhur yang sama cintai ini.

“Tugas kami sebagai pimpinan kepala Daerah, bagaimana menjaga Pemerintah dan masyarakat dapat berjalan dengan semestinya dan pemerataan pembangunan di segala sektor serta kebutuhan pangan dan kesehatan masyarakat konawe dapat terpenuhi” Ujar Gusli.

Usai meresmikan wakil Bupati Konawe di dampingi Sekda Konawe, Kadis Kesehatan dan Kepala RS BLUD Konawe serta Ketua TP-PKK Kabupaten Konawe, memberikan makanan bernutrisi kepada para ibu hamil yang turut menghadiri acara Launching Laika Mendidoha. (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY