Hasmito Dachlan Ikut Sukseskan Proses Ritual Adat Suku Tolaki Mekongga

215
0
BERBAGI
Kegiatan Ritual Mosehe Wonua di area Makam Raja Mekongga Sangia Nibandera

KOLAKA,KONAWEKITA- Sebagai Pangeran mekongga Hasmito Dachlan, S.H., M.Si ikut serta sukseskan proses adat suku Mekongga, Mosehe Wonua atau pensucian negeri di area Makam Raja Mekongga Sangia Nibandera, Desa Tikonu, Kecamatan Wundulako, Kabupaten Kolaka Minggu, (1/10/2023).

Hasmito Dahclan yang juga Caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Kolaka, yang turut hadir dalam ritual tersebut, mendukung dan memberikan banyak apresiasi kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan Mosehe Wonua.

Ia berpesan agar masyarakat suku Tolaki mekongga harus mampu tampil eksis dengan tetap menjaga dan menghargai nilai leluhur Kebudayaan suku Mekongga. Apa lagi Mosehe Wonua merupakan tradisi yang dilakukan sejak abad ke-13 saat Kerajaan Mekongga berjaya di wilayah Sulawesi Tenggara

“Kita sebagai masyarakat suku Mekongga harus maju, harus mampu sejajar dengan suku daerah lain yang sudah maju, dan saya ingin kita berdaulat serta harus berani dan bangga menunjukan eksistensi Budaya suku mekongga agar dikenal dan dihormati orang lain,” ujar Hasmito Dachlan.

Dirinya berharap agar seluruh masyarakat suku Mekongga harus eksis karena bukan hal yang kuno jika menunjukan suatu tradisi dan kebudayaan sebuah suku.

“Saya kira agar kita ini mau menunjukan jati diri Orang Mekongga, ingat, ini bukan hal yang kuno dan bukan ketinggalan jalan, tapi itu bentuk rasa cinta kita dengan budaya kita, makanya kita harus bangga karena jika bukan kita yang menghargai tradisi budaya kita, siapa lagi?” ungkapnya.

Semoga dengan kegiatan ini lanjutnya, semua selalu mendapatkan ridha dan ampunan dari Allah SWT. Sehingga, bumi Mekongga Kabupaten Kolaka selalu dirahmati dan dijauhkan dari segala bala bencana dan masyarakat Kolaka semakin makmur, semakin aman, semakin sejahtera dan semakin damai.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan Tasilman menjelaskan, pelaksanaan kegiatan prosesi adat Mosehe Wonua kali ini mengusung Tema “Melalui pelaksanaan prosesi budaya mosehe wonua bersama melestarikan nilai luhur dalam kearifan budaya lokal masyarakat adat mekongga”

Dikatakan, Mosehe wonua salah satu kegiatan Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, sebagai salah satu destinasi pariwisata daerah untuk melaksanakan nilai-nilai tradisi seluruh masyarakat Mekongga yang masih lestari untuk terus dipertahankan.

“Jadi maksud dan bertujuan dilaksanakan kegiatan Mosehe Wonua ini, yaitu untuk mensucikan wilayah Kabupaten Kolaka agar terhindar dari segala hal buruk. Semoga dengan kegiatan ini Allah SWT memberikan keberkahan dan keselamatan untuk kita semua,” harap Tasilman.

Kegiatan juga di hadiri oleh Bokeo raja mekongga ,bupati kolaka H. Ahmad Safei, SH.,MH, Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin, SE.,ME, Ketua DPRD Kolaka Ir. Syaifullah Halik, Forkopimda, Raja Mekongga dan seluruh masyarakat turut serta menghadiri kegiatan adat Mosehe Wonua tersebut. (IL/Red)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY