Liga Tarkam Kemenpora 2023 di Konawe Mulai Digelar

73
0
BERBAGI
Pembukaan Liga Terkam di Halaman Kantor Bupati Konawe

UNAAHA, KONAWEKITA- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo melalui Asisten Deputi dan Olahraga Kemenpora RI Suriati resmi membuka Kejuaraan Antar Kampung ( Tarkam) Kemenpora 2023. Di Halaman Kantor Bupati Konawe, Rabu, (30/8/2023).

“Kami mengapresiasi kepada Bupati Konawe dan jajarannya karena telah mempersiapkan agenda ini secara baik dan sungguh meriah, ” ujar Asisten Deputi dan Olahraga Kemenpora RI Suriati.

Ia menyebut, ada 100 titik yang akan di canangkan Kemenpora pada tahun 2023 dan salah satunya adalah Kabupaten Konawe.

“Kali ini kedatangan ini saya kedua kalinya pada waktu itu saya bawa program pestival olahraga dan senam bersama, ” Katanya.

Asisten Deputi dan Olahraga Kemenpora RI ini menyebut selain liga Tarkam ada tiga program yang dibawa oleh Kemenpora yakni Pelatihan Industri Olahraga, Pameran UMKM, Kemenpora juga membawa peralatan olahraga.

“Semua ini untuk meningkatkan partisipasi olahraga dan kebugaran jasmani masyarakat kabupaten konawe, ” Katanya.

Ia berharap, program liga Tarkam ini adalah satu produk dari Kemenpora, tentunya atas instruksi dari Presiden RI untuk menggerakan masyarakat dalam berolahraga tidak hanya dalam rangka prestasi.

“Tetapi utamanya selalu menggerakan masyarakat untuk selalu aktif berolahraga , kemungkinan nanti ada bibit atlet yang kita dapat dari pelaksanaan kegiatan liga Tarkam,” ujarnya.

Sehingga, lanjutnya, tujuan mencapai Indonesia ditahun 2045 tercapai 70 persen masyarakat Indonesia bisa harus bugar pada tahun 2045.

“Ini tantangan kita semua. Ini juga bisa menjadi peluang untuk kabupaten Konawe menggerakan masyakatnya tetap aktif berolahraga, “imbuhnya.

Ditempat yang sama, Sekrestaris Daerah (Sekda) Konawe Dr. Ferdinand Sapan, menyampaikan pesan dari Bupati Konawe yang berterima kasih atas program yang telah dikucurkan oleh Kemenpora.

“Ini adalah program yang kedua muda-mudahan berkelanjutan. Kami di Pemerintah Daerah Konawe juga telah mempersiapkan Fasilitas olahraga yang semoga kedepan ini bisa mendorong semangat anak-anak muda kami untuk lebih berprestasi, ” Kata Sekda Konawe.

Lanjutnya, ada beberapa cabang olahraga menjadi andalan Kabupaten Konawe salah satu diantaranya yakni bulutangkis dan cabang olahraga angkat besi.

“Ini yang kami dorong rencana dipembangunan daerah jangka menengah ada dua cabang olah raga, tapi tidak terlepas olahraga yang memang digemari yaitu bola dan voli serta Takraw dan ini menjadi olahraga yang sering kita kembangkan, ” ujarnya.

Ia meminta, kepada seluruh atlet pemerintah daerah kabupaten Konawe melalui Kemenpora 2030 dan 2044 kedepan merupakan masa- masa emas masyarakat Indoensia terutama bagi anak-anak muda yang usianya produktif.

“Dimana menjadi harapan juga sekaligus menjadi tantangan kita tidak cuma bisa menguasai teknolgi keterampilan dan kualifikasi. Tapi juga yang paling penting adalah kita sehat sehingga apa yang dilakasanakan pemerintah melalui Kemenpora. Apa yang telah dilanjutkan secara berkelanjutan akan kami lanjutkan melalui program-program yang ada di Dinas pemuda dan olahraga, “tuturnya.

Ketua Panitia Liga Tarkam Jahiudin mengatakan, Pemerintah daerah kabupaten Konawe sangat merasa bangga dengan kegiatan yang diberikan dari Kemenpora.

“Karena dari sekian ratus kabupaten kota yang ada di Indonesia. Alhamdulillah di Indonesia program liga Tarkam ini ada 32 kabupaten salah satunya kordinatnya di Sultra. Pada kesempatan ini kami berterima kasih kepada bapak Kemenpora dalam hal ini di wakili Asisten Deputi Bidang Olah raga, “ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Konawe ini mengatakan, di kejuaraan liga Tarkam ini, Sebanyak lima cabang olahraga (Cabor) akan dipertandingkan di Liga Tarkam, diantaranya atletik, basket, voli, tenis meja, dan bulu tangkis.

“Kegiatannya itu ada beberapa cabang olahraga, yang pertama voli ball, yang diundang itu semua kecamatan. Kemudian atletik khusus untuk pelajar dan bulu tangkis umur 17 tahun ke bawah, “Tutup Jahiudin. (RLS)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY