Lima Fraksi DPRD Konawe Setujui RKUA PPAS Perubahan Tahun 2023, Untuk Dibahas Lebih Lanjut

140
0
BERBAGI
Rapat Paripurna dengan agenda acara penyerahan Rancangan KUA dan PPAS APBD Perubahan Kabupaten Konawe tahun Anggaran 2023

Lima fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe, menyetujui Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (RKUA) dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Konawe tahun Anggaran 2023. Hal ini disetujui dalam agenda Rapat Rapat Paripurna dengan agenda acara penyerahan Rancangan KUA dan PPAS APBD Perubahan Kabupaten Konawe tahun Anggaran 2023, Senin (14/8/2023).

Rapat Paripurna DPRD Konawe ini dipimpin oleh Ketua DPRD Dr. H. Ardin, S.Sos, M.Si didampingi Wakil Ketua II Rusdianto, SE, MM dan dihadiri oleh Sekda Konawe Dr. Ferdinand Sapan, SP, MH.

Hadir juga anggota Forkopimda (Perwakilan Kapolres Konawe dan Perwakilan Kajari Konawe), perwakilan dari Pengadilan Negeri Unaaha serta sejumlah Kelapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Konawe.

Rapat Paripurna penyerahan dokumen Rancangan KUA – PPAS Perubahan tahun anggaran 2023 diawali oleh pembacaan nota pengantar KUA PPAS dari Bupati Konawe yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Ferdinand Sapan, SP, MH.

Anggota DPRD Konawe yang menghadiri Rapat Paripurna

Selanjutnya, Paripurna ini kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pemandangan umum oleh Lima Fraksi DPRD Konawe yaitu Fraksi Gerindra – Perindo, Fraksi Partai Bulan Bintang, Fraksi PDIP – PKB, Fraksi Demokrat dan Fraksi Konawe Gemilang.

Pemandangan Umum Fraksi Gerindra – Perindo dibacakan oleh Hermansyah Pagala, SE sebagai juru bicara fraksi. Pemandangan Umum Fraksi Partai Bulan Bintang oleh H. Alaudin, SH, MM sebagai Ketua Fraksi. Pemandangan Umum Fraksi PDIP- PKB oleh I Made Asmaya, S.Pd, MM sebagai Sekretaris Fraksi.

Pemandangan Umum Fraksi Demokrat oleh Umar Dema, S.Sos, MM sebagai Ketua Fraksi dan, Pemandangan Umum Fraksi Konawe Gemilang oleh Ketua Komisi I DPRD Konawe H. Gamus, SH selaku Anggita Fraksi Konawe Gemilang.

Pada kesempatan tersebut, kelima Fraksi tersebut menyatakan menerima dan menyetujui Rancangan KUA PPAS Perubahan tahun anggaran 2023 yang diserahkan oleh Pemda Konawe untuk kemudian dibahas lebih lanjut sesuai dengan tahapan-tahapannya.

Menanggapi Pemandangan Umum Fraksi, Sekda Ferdinand Sapan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD Konawe yang selalu menjaga sinergi dalam mendukung program Pemda Konawe.

Rapat Paripurna dengan agenda acara penyerahan Rancangan KUA dan PPAS APBD Perubahan Kabupaten Konawe tahun Anggaran 2023 dihadiri Forkompinda Konawe

“Semoga Anggaran Perubahan ini bisa memberikan manfaat sebesar – besarnya untuk kepentingan masyarakat dan daerah yang kita cintai bersama ini,” harap Dr. Ferdinand.

Dr Ferdinand Sapan, mewakili Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK), mengatakan, kondisi koreksi pendapatan belanja dan pembayaran daerah pada kebijakan umum perubahan APBD Kabupaten Konawe tahun 2023, berkembang sangat dinamis rencana awal yang telah dikoreksikan sebelumnya mengalami berbagai perubahan. Menyikapi hal ini Tentunya pemerintah dan legislatif harus merespon dengan cepat berbagai perkembangan yang terjadi saat ini.

“Pemerintah Kabupaten Konawe dalam merumuskan kebijakan belanja daerah pada perubahan APBD tahun 2023 ini, tetap berusaha memastikan agar keseimbangan fiskal tetap terjaga olehnya itu penting bagi kita semua untuk menjaga postur APBD perubahan ini tetapi ideal, sehingga resiko-resiko devisit anggaran masih dapat kita kendalikan” Kata Dr. Ferdinand

Sehingga lanjutnya, dalam pengajuan rancangan kerjasama umum anggaran perubahan tahun 2003 saat ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe mengajukan rencana perubahan belanja berdasarkan pertimbangan adanya pergeseran belanja daerah serta adapun belanja-belanja yang digeser pada kebijakan umum perubahan atau tiga ini merupakan belanja-belanja mendesak dalam rangka merespon berbagai isu-isu strategis yang berkembang baik pada tingkat pusat maupun tingkat daerah. (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY