Meningkatnya IPM Kabupaten Konawe Mendapat Aprsiasi Dari DPRD Konawe

431
0
BERBAGI
Suasana Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Konawe

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, memberikan apresiasi yang sangat besar kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) atas keberhasilannya dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau atau Human Development Index (HDI) yang dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan.

IPM yang juga tingkat harapan hidup dan standar hidup masyarakat sendiri sangat penting pada suatu daerah di mana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Ketua DPRD Konawe mengatakan, Kabupaten Konawe selama dipimpin oleh Kery Saiful Konggosa (KSK), Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau atau Human Development Index (HDI) dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan.

Katua DPRD Kabupaten Konawe, Dr. Ardin, M.Si

Menurutnya, tingkat harapan hidup dan standar hidup masyarakat itu sendiri sangat penting pada suatu daerah, utama di Kabupaten Konawe, sehingga keinginan untuk hidup juga tinggi, hal ini dapat diukur bagaiamana pendapatan masyarakat, kesehatan masyarakat, pendidikannya, dan lain sebagainya.

“Prestasi ini tidak disulap begitu saja, tapi butuhkan kerja keras untuk mencapai itu semua, kita berikan apresiasi kepada bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa atas prestasi ini” Kata Dr. Ardin.

Kata dia, pembangunan manusia adalah suatu proses untuk memperbanyak pilihan-pilihan yang dimiliki oleh manusia, pilihan tersebut tersebut, yang terpenting adalah untuk berumur panjang dan sehat, untuk berilmu pengetahuan, dan untuk mempunyai akses terhadap sumber daya yang dibutuhkan agar dapat hidup secara layak.

Rapat Koordinasi antara DPRD Konawe dan Pemda Konawe dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat

Menurutnya, untuk mengukur IPM dibangun melalui pendekatan tiga dimensi dasar. Dimensi tersebut mencakup umur panjang dan sehat, pengetahuan, dan kehidupan yang layak. Ketiga dimensi tersebut memiliki pengertian sangat luas karena terkait banyak faktor. kesehatan, pendidikan dan harapan hidup.

Selanjutnya kata dia, untuk hidup layak dapat diliat dari kemampuan daya beli masyarakat terhadap sejumlah kebutuhan pokok. Konawe sendiri tingakt harapan hidup atau IPM juga terus mengalami peningkatan di mana pada tahun 2018 sebesar 70,72 kemudian pada tahun 2019 naik menjadi 71,29, selanjutnya tahun 2020 mencapai 71,35 dan tahun 2021 meningkat menjadi 71,48.

“Angka ini yang keluarkan tidak dikeluarkan begitu saja tetapi melalui penelitian ilmiah dari lembaga yang berkompoten” ujar Dr. Ardin

Bupati Kabupaten Konawe, Kery Saiful Konggoasa

Sebelumnya Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang akrap dipanggil KSK mengatakan, untuk Kabupaten Konawe tingakt harapan hidup atau IPM juga terus mengalami Peningkatan di mana pada tahun 2018 sebesar 70,72 kemudian pada tahun 2019 naik menjadi 71,29, selanjutnya tahun 2020 mencapai 71,35 dan tahun 2021 meningkat menjadi 71,48.

“Pencapaian ini tentunya adalah hasil dari kerja cerdas dan kerja keras kita semua sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang” Kata Bupati Konawe KSK saat menyampaikan Pidato pada peringatan HUT Konawe ke-62 di Halaman Kantor Bupati Konawe, Rabu (2/3/2022).

Dirinyasangaat berterimakasih kepada seluruh stakeholder pemerintah, lembaga-lembaga vertikal dan masyarakat Kabupaten Konawe yang telah bersama-sama berperan dalam pembangunan di Kabupaten Konawe.

“Harmonisasi antar lembaga pemerintah dan masyarakat adalah kunci sukses kita mencapai kegemilangan ini” ungkap mantan Ketua DPRD Konawe ini (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY