Meski Badai Covid-19 Melanda, Pertumbuhan Ekonomi Konawe Tetap Tangguh

    716
    0
    BERBAGI
    Bupati Konawe, Kery saiful Konggoasa saat diwawancarai awak media

    UNAAHA-KONAWEKITA- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), baru saja merilis data pertumbuhan ekonomi di Sultra per tahun 2021. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Konawe mampu melambung tinggi dibanding kabupaten/kota di Sultra lainnya. Padahal tahun 2021 lalu merupakan tahun di mana masyarakat tengah diguncang oleh badai covid-19.

    Di tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Konawe tertinggi di Sulawesi Tenggara dengan angka pertumbuhan 6,42 persen. Sedangkan untuk tahun 2021 Konawe berada pada puncak teratas yakni, angka 6,51 persen.

    Menyusul Kabupaten Buton ada pada urutan kedua dengan 3,0 persen. Sementara 10 daerah lainnya ada pada 1,39 persen termasuk provinsi Sulawesi Tenggara.

    Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menuturkan sebelumnya di tahun 2017, Kabupaten Konawe hanya menempati posisi 15 dari 17 Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara dengan angka pertumbuhan ekonomi 5,21 persen. Namun setelah ia pimpin pertumbuhannya miningkat di tahun 2018 dengan 10,70 persen.

    “Di mana pertumbuhan ekonomi Konawe di tahun 2019 menyentuh angka 11,84 Persen. Sedangkan di urutan kedua ditempati oleh Konawe Kepulauan di angka pertumbuhan ekonomi 7,36 persen. Sementara di posisi ketiga ada Muna Barat di angka 6,79 persen,” katanya orang nomor satu di konawe ini. Jum’at (25/2/2022).

    Menurut Kery, karena strategi mendorong investasi daerah berskala besar, hal inilah yang menjadikan Konawe memiliki ketahanan ekonomi yang cukup kuat di masa pandemi. Ditandai dengan peningkatan produktifitas pada sektor manufaktur/industri.

    Selain itu lanjut mantan ketua DPRD Konawe ini, sektor usaha andalan yakni sektor pertanian, perikanan dan peternakan juga tetap memberikan sumbangsi positif pertumbuhan ekonomi dalam masa pandemi ini.

    “Dalam memimpin daerah ada tiga sektor keuangan yang harus dijaga agar tetap stabil. Sektor itu adalah belanja pemerintah/kegiatan, belanja swasta/investasi dan belanja rumah tangga. Ketiga sektor ini harus stabil. Sehingga semua akan kita stabilkan, pertanian kita sudah aman. Tinggal yang kita mau tingkatkan lagi adalah sektor persampahan,” tutupnya. (Red/KK)

    #KSK

    #KONAWEGEMILANG

    #SULTRAGEMILANG

    TIDAK ADA KOMENTAR

    LEAVE A REPLY