Reses Masa Sidang ke II DPRD Konawe, Irawati Reses di Puriala

767
0
BERBAGI
Suasana tatap muka Sekretaris Komisi II, Irawati dengan warga Desa Wawosanggula Kecamatan Puriala.

Sekretaris Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe, Irawati, SE melakukan reses masa sidang II di Daerah Pemilihan (Dapil) V (Lima) di Desa Wawosanggula, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Dalam reses yang dilaksanakan di Balai Desa Wawosanggula Rabu, (20/02/2019) di pandu oleh Yuri yang juga Kepala desa setempat.

Tatap muka dan penyerapan aspirasi anggota dewan dengan konstituennya ini, berlangsung dengan cara diskusi yang menjadi masalah dan kebutuhan masyarakat khususnya di Desa Wawosanggula.

“Untuk kami dari majelis taalim, kami mengusulkan pengadaan baju majelis taalim, karena baju kami saat ini sudah cukup lama, sehingga perlu diadakan ulang,” usul Yanti yang merupakan ketua Majelis Taalim.

Bukan hanya itu usul Yanti, bantuan Alqur’an dan Iqra juga ia usulkan, sebab anak anak warga desa setempat banyak yang mengaji di masjid, “Selain itu kami juga usulkan bantuan Alqur’an dan buku Iqra,” tambah Yanti.

Selain Yanti, Resmina juga mengusulkan bantuan jaminan kesehatan, seperti KIS dan Jaminan Kesehatan (Jamkesda) lainnya. Sebab, menurut Resmina ada beberapa warga yang belum memiliki jaminan kesehatan tersebut. Padahal jaminan kesehatan itu sangat dibutuhkan.

“Kami di desa Wawosanggula masih banyak yang belum punya kartu jaminan kesehatan, padahal warga yang belum menerima ini rumahnya cukup memperihatinkan, artinya layak diberikan kartu sehat,” usul Resmina.

Menanggapi tanyajawab warga setempat, Irwati menyampaikan, bahwa untuk usulan alat ibadah pihaknya akan membantu , tetapi menggunakan anggaran pribadi, bukan anggaran dari APBD.

“Kalau untuk usulan alat ibadah, tidak mesti dari APBD, bisa dilakukan dengan anggaran pribadi, kecuali usulan pengadaan baju Majelis taalim nanti saya tindaklanjuti,” jawab Politis PKB ini.

Terkait dengan jaminan kesehatan, Irawati akan berkordinasi dengan dinas terkait. Sebab menurut dia pemerintah daerah Konawe memiliki program kesehatan seperti Kartu Sehat Konawe (KSK).

Dalam diskusi itu, Kepala Desa Wawosanggula juga mengusulkan bantuan nelayan dan bantuan pengadaan kolam ikan dan bibit ikan. Karena menurutnya, mayoritas warganya itu merupakan nelayan.

Selain pengadaan kolam dan bibit ikan, Kades Wawosanggula juga mengusulakan bantuan pengembangan usaha kecil dan menengah untuk menunjang usaha-usaha kecil masyarakat.

“Kami usulkan bantuan alat tangkap ikan, dan mengusulkan bantuan pengembangan ikan air tawar, seperti kolam ikan dan bantuan bibit ikan dan pengembangan usaha kecil dan menengah” usul Kepala Desa Wawosanggula

Menanggapil hal itu, Irawati menyebut, terkait dengan usulan kepala desa, pihaknya akan melakukan koordinasi pada Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP) Kabupaten KOnawe karena di situ juga menurut dia telah diprogramkan oleh pemerintah.

Untuk usaha kecil kata Politisi PKB ini, bantuan ini ada di Dinas Koperasi dan Perdagangan (Disperindagkop) Kabupaten Konawe, namun jika memungkin akan diusulkan melalui dana pusat.

Sebelum menutup masa reses, Kamaruddin yang merupakan petani lada juga mengusulkan bantuan tangki semprot dan pukuk, “ kalau untuk usulan saya bantuan pukuk dan alat semprot, karena ada beberapa warga yang juga petani lada, “ usul Kamaruddin.

Iarawati menambahkan, terkait sarana produksi pertanian sebagaimana yang diusulkan masyarakat, dirinya akan berkoordinasi dengan dinas pertanian dan tanaman pangan.

Untuk diketahui, usai melakukan sesi diskusi, Kepala Desa Wawosanggula Yuri menutup kegiatan reses tersebut. Jumlah yang hadir mencapai lima puluan orang.(**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY