Sejumlah Ormas dan Rumah Ibadah di Kabupaten Konawe Dapat Dana Hibah

109
0
BERBAGI
Kabag Kesra Setda Konawe, Marjuni Ma’mir

UNAAHA,KONAWEKITA Sejumlah organisasi masyarakat (ormas) keagamaan dan pembangunan rumah ibadah dapat bantuan danah hibah Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe. Tercatat 17 ormas keagamaan dan 79 rumah ibadah. Masing-masing, Rp 1,19 M untuk 17 ormas, serta Rp 4,08 M untuk 79 rumah ibadah.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Konawe, Marjuni Ma’mir mengatakan, bantuan hibah tersebut merupakan implementasi visi misi Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa lewat program fasilitasi pengelolaan bina mental spiritual.

Penyaluran hibah itupun sesuai Permendagri nomor 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah. Yang mana, hibah itu ditujukan untuk menunjang pencapaian sasaran, serta program kegiatan pemerintah daerah. Dengan tetap memperhatikan asas keadilan, kepatutan, rasionalitas dan manfaat untuk masyarakat.

“Pemberian duit hibah itu tiap tahun dianggarkan pemkab Konawe lewat pos bantuan di BPKAD Konawe. Namun, sejak 2021 anggarannya dialihkan ke Bagian Kesra untuk fasilitasi hibah rumah ibadah, ormas keagamaan, dan kegiatan keagamaan lainnya,” ujarnya, Rabu (9/8/2023).

Lanjutnya, pemberian hibah program fasilitasi bina mental spiritual di Konawe, menyasar tiga kelompok agama di otorita setempat. Yakni Islam, Kristen, dan Hindu. Marjuni Ma’mir merinci, 79 rumah ibadah yang mendapat bantuan hibah pemkab, terdiri dari 63 masjid, 3 gereja dan 12 pura.

Adapun hibah ormas keagamaan, lanjutnya, biasanya diberikan untuk mengakomodasi penyelenggaraan kegiatan religi. 17 ormas keagamaan yang keciprat hibah tersebut, diantaranya Baznas Konawe, Ansor, serta Muslimat NU.

“Penyalurannya kita lakukan secara bertahap. Tapi kita salurkan tahun ini juga. Kita harapkan dengan fasilitasi ini, bisa semakin meningkatkan kualitas mental spiritual warga Konawe,” tandasnya. (Red)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY