Terkait Kesehatan, DPRD Konawe Terima Aspirasi Masyarakat Empat Kecamatan

128
0
BERBAGI
Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto saat menerima Aspirasi empat kecamatan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima Aspirasi empat kecamatan (Onembute, Puriala, Wonggeduku, Meluhu) yang meminta agar BPJS Kesehatan Cabang Kendari kembali membangun kerja sama dengan pihak Rumah Sakit Umum (RSU) Setia Bunda Konawe. Pihak DPRD juga akan kawal dan diperjuangkan aspirasi masyarakat di empat kecamatan tersebut yang berlangsung di Gedung DPRD Konawe, Rabu (2/8/2023).

Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto, SE, MM mengungkapkan bahwa RSU Setia Bunda saat ini telah menyelesaikan kewajiban sesuai yang disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari. Di mana, pihak RSU Setia Bunda harus segera menyelesaikan IUR biaya kepada pasien yang pernah dirawat jika ingin kerja sama dengan BPJS Kesehatan kembali diaktifkan.

“Dokumen penyelesaian IUR Biaya dari RSU Setia Bunda baru saja saya terima. Semua sudah dikembalikan 100 persen,” kata Rusdianto saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurut Wakil Ketua DPRD Konawe, setelah pihak RSU Setia Bunda menyelesaikan segala kewajibannya, pihak BPJS Kesehatan harus memenuhi janji dengan segera mengaktifkan kembali layanan BPJS di RSU Setia Bunda.

“RSU Setia Bunda sudah penuhi kewajibannya. Sekarang kita minta pihak BPJS segera mengaktifkan kembali layanan BPJS-nya. Dan ini kami akan kawal terus karena menyangkut aspirasi masyarakat pemegang Kartu BPJS,” tegasnya.

Pertemuan Kepala BPJS Kesehatan dengan Wakil Ketua DPRD Konawe dan Direktur RS Setia Bunda

Diketahui, Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto menerima aspirasi masyarakat Kabupaten Konawe dari empat Kecamatan (Onembute, Puriala, Meluhu dan Wonggeduku) pada Kamis 9 Februari 2023 di ruang kerjanya.

Aspirasi masyarakat yang dituangkan dalam surat tersebut disampaikan oleh salah satu warga Kecamatan Onembute Eti Hartati. Saudari Eti Hastuti ini diketahui bekerja sebagai relawan kesehatan.

Aspirasi tersebut berkaitan dengan pelayanan kesehatan di RSU Setia Bunda Unaaha. Di mana masyarakat meminta agar RSU Setia Bunda bisa kembali melayani pasien BPJS. Pasalnya, kemitraan dengan BPJS di Setia Bunda lagi dalam status dipending.

Sebagai wujud kepedulian terhadap aspirasi masyarakat, Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto, SE, MM bersama Ketua Komisi III H. Ginal Sambari, S.Sos, M.Si pun melakukan kunjungan ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kendari pada bulan Februari 2023 lalu.

Dari hasil kunjungan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari Rinaldi Wibisono bersama staf didamping Kepala BPJS Kesehatan Konawe Muhammad Ayyub melakukan kunjungan balasan, Senin 3 April 2023.

Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto

Kunjungan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari bersama staf dan Kepala BPJS Kesehatan Konawe tersebut diterima oleh Wakil Ketua II DPRD Konawe Rusdianto, SE, MM di ruang kerjanya. Turut hadir mendampingi Ketua Fraksi PBB H. Alaudin, SH, MM.

Sementara dari pihak RSU Setia Bunda hadir Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Setia Bunda, dr. H. Mardi Santosa, M.Kes bersama owner dr. Adi Setiawan, Sp.OG dan istri.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari Rinaldi Wibisono saat itu menegaskan pada intinya BPJS Kesehatan itu fokus ke peningkatan mutu pelayanan. Kemudian, manajemen perlu dilakukan pembenahan termasuk fasilitas pendukung lainnya serta ketersediaan dokternya.

“Dan yang paling penting adalah keseriusan pihak manajemen RSU Setia Bunda dalam menyelesaikan persoalan yang menjadi temuan pihak BPJS Kesehatan. Apabila telah menyelesaikan dan tindak lanjut keluhan peserta 100 persen tuntas, maka kerja sama selanjutnya bisa ditinjau kembali,” tegas Rinaldi Wibisono saat itu.

Hingga akhirnya rapat tersebut menyimpulkan bahwa kerja sama BPJS Kesehatan dengan RSU Setia Bunda bisa berjalan kembali setelah pihak RSU Setia Bunda menunjukkan komitmen tinggi dalam menyelesaikan permasalahan yang pernah terjadi di RSU tersebut.

“Kesimpulannya bahwa BPJS Kesehatan akan kembali melakukan kerja sama dengan RSU Setia Bunda setelah menyelesaikan permasalahan IUR biaya yang menjadi temuan BPJS Kesehatan,” kata Rusdianto sebelum menutup rapat tersebut.

Usai, rapat di ruang kerja Wakil Ketua DPRD Konawe, rombongan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari bersama Wakil Ketua DPRD Rusdianto kemudian meninjau secara langsung kesiapan fasilitas di RSU Setia Bunda. (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY