Wakil Ketua DPRD Konawe Bantu Warga Korban Bencana

39
0
BERBAGI
Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto memberikan bantuan kepada warga korban bencana alam

Respon cepat, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, Rusdianto, SE, MM menyalurkan bantuan pangan kepada korban bencana angin puting beliung di tiga kecamatan, Rabu (24/1/2024).

“Bantuan ini kami berikan sebagai wujud kepedulian kepada keluarga kita yang kemarin tertimpa musibah angin puting beliung,” kata Rusdianto saat ditemui di lokasi bencana.

sebagai wakil rakyat di parlemen, Rusdianto menyampaikan rasa prihatin kepada para korban akibat diterjang angin puting beliung yang mengakibatkan bangunan rumah yang ditinggali mengalami rusak parah.

“Semoga keluarga kita terdampak bencana diberikan ketabahan dan kekuatan, karena kejadian ini merupakan hal yang tidak diduga dan datang secara tiba-tiba,” ucapnya.

Lebih lanjut, kata RD sapaan akrab Wakil Ketua DPRD Konawe mengatakan bahwa mayoritas korban yang terdampak angin puting beliung ini sudah berumur atau lanjut usia. Sehingga sudah sepantasnya mereka diberikan uluran tangan baik dari Pemerintah Daerah maupun masyarakat di sekitarnya.

“Mungkin bagi tetangga-tetangga korban yang merasa berkelebihan juga bisa ikut membantu dengan seikhlasnya,” harap RD.

Bantuan Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto

Kata dia, bantuan tak seberapa nilainya ini diharapkan dapat membantu meringankan beban para korban terdampak angin puting beliung. Bantuan ini merupakan bantuan tanggap darurat yang betul-betul sangat dibutuhkan para korban untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu, untuk bangunan rumah milik warga yang mengalami rusak parah, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Daerah agar sebisanya juga diberikan bantuan.

“Terkait rumah yang rusak ini, baik melalui pemerintah daerah maupun kapasitas saya sebagai Wakil Ketua DPRD nanti kita pikirkan selanjutnya bantuan apa yang akan diberikan,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa (Kades) Uelawu, Nurdin mengungkapkan sebanyak tujuh Kepala Keluarga (KK) di Desa Uelawu yang terdampak akibat angin puting beliung. “Dua rumah rusak berat dan lima rusak sedang,” katanya.

Nurdin juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto atas bantuan yang telah diberikan kepada warganya yang terdampak angin puting beliung.

“Mewakili keluarga dan korban, kami ucapkan terima kasih kepada Pak Rusdianto, semoga bermanfaat dan beliau makin diberi rezeki dan umur panjang,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto saat tiba dilokasi bencana

Pemberian bantuan dari Wakil Ketua DPRD Konawe ini dilakukan di tiga lokasi wilayah Kabupaten Konawe, yaitu di Desa Uelawu Kecamatan Konawe, Desa Baruga Kecamatan Wonggeduku Barat dan Desa Tanggodipo kecamatan Uepai.

Adapun bantuan kebutuhan pangan yang diberikan itu berupa beras, air mineral dan juga mie instan dengan rincian untuk Desa Uelawu Kecamatan Konawe sebanyak tiga karung beras dengan berat 50 kg/karung, 30 dos air mineral serta 30 bungkus mie instan.

Sedangkan untuk di Desa Baruga, Kecamatan Wonggeduku Barat bantuan diberikan sebanyak tiga karung beras dengan berat 25 kg/perkarung, 30 air mineral serta 16 bungkus mie instan.

Sementara di Desa Tanggondipo, Kecamatan Uepai, Rusdianto menyerahkan bantuan beras 50 kilogram, 10 pak Indomie, dan 10 dos air mineral.

Sebelumnya, Ketua DPRD Konawe Dr. H. Ardin, S.Sos, M.Si mengajak pemerintah daerah Kabupaten Konawe untuk bersama – sama bergerak cepat dalam membantu korban bencana angin puting beliung yang telah merusak sejumlah rumah warga pada Senin, 22 Januari 2024 kemarin.

Angin disertai petir dan hujan yang menerjang sejumlah wilayah di daerah lumbung beras Sultra ini menyebabkan sejumlah rumah milik warga mengalami kerusakan, pohon tumbang hingga kabel listrik milik PLN di Unaaha putus.

Warga yang terdampak bencana terpaksa harus mengungsi di rumah keluarga mereka untuk sementara waktu.(**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY