Bupati Konawe Lantik Pengurus MKKS SMP Tingkat Kabupaten Konawe

297
0
BERBAGI
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat melantik Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, Swasta dan Satu Atap (Satap) Se-Kabupaten Konawe masa bakti 2020-2024

Bupati Kabupaten Konawe Kery Saiful Konggoasa melantik Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, Swasta dan Satu Atap (Satap) Se-Kabupaten Konawe masa bakti 2020-2024 di salah satu Hotel di Kota Unaaha kabupaten Konawe, Selasa, (16/02/2021) dengan tema “semangat dan gerakan baru untuk pendidikan yang gemilang”.

Selaku Pimpinan Daerah Kabupaten Konawe Kery Saiful Konggoasa sangat mengapresiasi kegiatan pembentukan dan rapat kerja pengurus( MKKS) SMP Kabupaten Konawe dalam rangka menciptakan dunia pendidikan konawe lebih cemerlang di masa mendatang . Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa usai melantik pengurus MKKS SMP Negeri, Swasta dan Satu Atap se-Kabupaten Konawe untuk massa bakti 2020-2024.

Kata Bupati Kery, kegiatan ini merupakan ajang pencerahan dan memperat silahturahmi ditingkat satuan pendidikan tingkat pertama dalam menjalankan tugas dan fungsi buat semua terkhusus dalam dunia pendidikan.

Bupati Konawe Kery saiful Konggoasa saat memberikan sambutan pada saat pelantikan Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, Swasta dan Satu Atap (Satap) Se-Kabupaten Konawe masa bakti 2020-2024

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah atau disingkat MKKS merupakan Organisasi atau wadah yang layaknya sebagai rumah untuk meningkatkan kompetensi, serta rumah bagi Kepala Sekolah dalam rangka berperan serta meningkatkan mutu pendidikan

“Kegiatan ini adalah suatu pencerahan buat kepala sekolah agar mampu meningkatkan profesionalismenya sebagai agen pembelajaran untuk mewujudkan insan indonesia yang beriman, cerdas dan kompetitif,”katanya dihadapan para pengurus MKKS Konawe.

Sebagai agen pembelajaran, lanjut Bupati Konawe dua periode , para kepala sekolah dituntut untuk mempunyai kompetensi yang mumpuni, dan ada lima jenis kompetensi tersebut yakni kompetensi menejarial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, kompetensi kepribadian serta kompetensi sosial.

Sehingga dalam konteks kompetensi tersebut para kepala sekolah diartikan dalam bulatan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam wujud perangkat tindakan yang cerdas dan bertanggung jawab yang harus dimiliki seorang kepala sekolah sebagai  jabatan profesi.

Selain itu, Kery juga berharap agar Kasek bisa bekerjasama dengan para guru di sekolahnya sebagai tim kerja,  dengan menekankan enam poin yang harus diperhatikan, diantaranya membuat program sekolah, pengorganisasian sekolah, pengoperasian sekolah, menjalin komunikasi sekolah, menata kepegawaian sekolah, dan mengatur pembiayaan sekolah.

Penandatangan SK Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, Swasta dan Satu Atap (Satap) Se-Kabupaten Konawe masa bakti 2020-2024

Terkhusus masalah pembiayaan kata dia, harus sudah mulai difikirkan sejak perencanaan sampai dengan pelaksanaannya yang meliputi, perencanaan tentang berapa biaya yang diperlukan, darimana dan bagaimana biaya itu diperoleh atau diusahakan, bagaimana penggunaannya, siapa yang melaksanakaanya, bagaimana pembukuan dan pertangungjawabannya serta bagaimana pengawasannya, dan lain- lain.

“Tugas Kasek tidak hanya membuat program dan poin-poin lainya, akan tetapi masih banyak hal yang perlu dilakukan agar sekolahnya bisa lebih maju dan berdaya saing. Semua itu dibutuhkan kreativitas dan inovasi dari seorang Kasek,” jelasnya.

Menurut Bupati dua periode ini, sekolah adalah lembaga yang menyelengarakan proses belajar, lembaga yang menyelenggarakan pembelajaran dan kesempatan belajar harus memenuhi persyaratan antara lain, murid, guru program pendidikan dan sarana dan prasarana serta fasilitas lainnya.

Kata Kery, Kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya tidak hanya pada pembuatan program sekolah, dan menyusun organisasi sekolah tetapi juga masih banyak nkegitan lain yang harus dilakukan agar sekolah yang dipimpinnya benar-benar maju dan berkembang dan mencapai sasaran sesuai dengan tujuan pendidkan.

Kegiatan Kepsek lanjutnya, dalam rangka meningkatkan para guru dan staf lainnya untuk bekerja secara profesional dengan cara, memberi kesempatan kepada para guru dan staf lainya di sekolah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, memberi kesempatan dan mengusulkan para guru untuk mengikuti sertifikasi jabatan guru.

Suasana pelantikan Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, Swasta dan Satu Atap (Satap) Se-Kabupaten Konawe masa bakti 2020-2024

Melakukan diskusi dengan para guru tentang kemajuan dan kualitas pendidikan di sekolah, Mengizikan para guru dan staf untuk mengikuti penataran sesuai kebutuhan sekolah, serta membina para guru dan staf lainya di sekolah dengan pengawasan melekat.

Mantan Ketua DPRD Konawe ini juga menyarankan untuk tetap menjaga lingkungan sekolah baik secara fisik maupun spikologis. Lingkungan sekolah secara fisik maksudnya dengan memperhatikan ruang belajar, meja, kursi, penerangan dan sirkulasi udara. Sedangkan lingkungan spikologis artinya, menjaga hubungan harmoni antar guru, siswa dan juga orang tua siswa.

“Semuanya harus dielaborasi dengan baik baik agar menghadirkan suasana sekolah yang benar-benar nyaman bagi para guru dan siswa,” pungkasnya.

“Jadi dengan dilantiknya pengurus MKKS SMP Periode 2022– 2024 ini, kita harapkan bisa memperbaiki mutu Pendidikan di Kabupaten Konawe. Serta bisa  memunculkan ide-ide yang cemerlang, agar apa yang diharapkan para orang tua murid di Konawe sudah bisa lebih berkompetitif dengan yang lainya,” Ujarnya.

Untuk diketahui pengukuhan pengurus MKKS SMP tersebut di hadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe Dr. Suryadi, S.Pd.M.Pd, perwakilan dari kejaksaan dan Polres Konawe. Turut serta Humas Setda Konawe Sukri Nur, Kepala Bidang GTK Dikdas Konawe Ganepo, (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY