Dewan Dukung Langkah Bupati Konawe Investasi Lahan 3000 Hektar Tahun 2022

122
0
BERBAGI
Rapat Koordinasi DPRD Konawe bersama OPD Kabupaten Konawe, dalam upaya meningkatkan Pendapatan Daerah.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, sennatiasa mendukung langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dinakodai Kery Saiful Konggoasa di tahun 2022 ini rencananya akan menambah invesitasi lahan seluas 3000 Hektar. Rencananya investasi tersebut akan ditanam disektor industri PT. Obsidian Stainless Steel (OSS) yang bergerak di bidang smelter nikel yang terletak di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe.

Ketua DPRD Konawe Dr. Ardin mengatakan, pihaknya juga selalu mendukung langka-langka yang diambil oleh pemerintah daerah dalam memajukan Kabupaten Konawe, yang salah satunnya adalah di bidang investasi.

Kata Dr. Ardin, Pemerintah Kabupaten Konawe melalui prestasi yang gemilang di bidang investasi mendapat penghargaan dari Kementrian Investasi dalam kategori penerimaan investasi terbesar skala nasional dengan urutan ke tujuh secara nasional senilai Rp 20 triliun dari total Rp 27 triliun, investasi itu berada di Konawe.

Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Dr. Ardin. M.Si

Lanjutnya, salah satu sumber pendapatan daerah Kabupaten Konawe, bersumber dari mega Industri Morosi dalam hal ini Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS). Sebagai penyumbang terbesar dalam Pendapatan Asli Daerah, termasuk sumber pendapatan lainnya yang berada di Kabupaten Konawe.

Untuk diketahui, Penyumbang investasi terbesar yakni PT OSS menghasilkan investasi sebesar Rp 15,773 triliun. Sedangkan, PT VDNI sebesar Rp 4,009 triliun.

“Kita sangat mengapresiasi capaian ini, dan ini adalah kerja keras kita semua terutama pemerintah daerah dalam mengimplementasikan regulasi-regulasi yang ada, tentunya hal kita akan terus dorong dan tingkatkan untuk kemajuan daerah ini” Kata Dr. Ardin

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa

Sebelumnya Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) di tahun 2022 ini rencananya akan menambah invesitasi lahan seluas 3000 Hektar. Rencananya investasi tersebut akan ditanam disektor industri PT. Obsidian Stainless Steel (OSS) yang bergerak di bidang smelter nikel yang terletak di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe

KSK mengungkapkan Kabupaten Konawe memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah ruah yang dapat dikembangkan dengan melalui investasi demi kesejahtraan masyarakat.

“Kemarin saya sudah keliling apakah suku cadang kita cukup dan nyatanya suku cadang kita cukup untuk 10 kali kita jadi tengkorong belum habis ini,” ujarnya KSK belum lama ini.

Mega Industri Morosi

Untuk saat ini, kata KSK pihaknya sedang melakukan pembenahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) terkait investasi lahan 3000 hektar tersebut agar dapat dimafaatkan secepat mungkin

“Perlu kita ketahui bahwa melanggar RTRW itu pidana. Sehingga semua itu sisa kita tunggu dari pusat, sebab itu bukan wilayah kita tapi wilayah pusat,” ungkapnya

KSK juga mengajak seluruh masyarakat Konawe untuk melakukan penyuntikan vaksin di posko-posko yang telah disediakan. Sebab, hal itu bisa menjadi stimulus masuknya investor-investor untuk berinvestasi di Konawe.

lanjutnya, kurangnya angka vaksinasi di masyarakat Konawe akan berpengaruh besar pada pertumbuhan investasi terlebih di massa saat ini yang sedang terjadinya klaster baru virus Covid-19 berjenis Omicron.

Diketahui, sebelumnya investasi Konawe saat ini yang telah tercatat sebanyak Rp 20triliun dan akan masuk Rp56 triliun untuk dibidang industri.(**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY