Ketua DPRD Konawe Apresiasi HMSI, Gelar Pelatihan Psychology di SMAN 1 Wawotobi

595
0
BERBAGI
Ketua DPRD saat membawakan sambutan pada kegiatan Pelatihan Mengeloloa Emosi oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HMSI) Sulawesi Tenggara di SMAN 1 Wawotobi

Ketua DPRD Konawe, Dr. Ardin mengapresiasi Himpunan Psichologi Indonesia (HMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Universitas Mandala Waluya Kendari yang telah berbagi ilmu dengan SMAN 1 Wawotobi. Hal itu disampaikannya saat menghadiri Pelatihan Mengeloloa Emosi di SMAN 1 Wawotobi, Selasa (8/2/2022).

Dr. Ardin mengatakan, merupakan kehormatan dan kebanggaan baginya bisa kemabali ke SMAN I Wawotobi, dan sekaligus menghadiri kegitan pelatihan ini, setelah 30 tahun tamat di sekolah ini.

“Tahun 1992 saya tinggalkan sekolah ini, dan Alhamndulillah saya kembali lagi” Kata Dr. Ardin.

Ketua DPRD berpesan pada siswa-siswi SMAN 1 Wawotobi, yang paling prinsip di umur 15 hingga 17 tahun ini ada harapan besar dari orang tua yang dititip di pundak kalian. Bagaimana harapan itu bisa terwujud sangat ditentukan oleh kemauan dan prestasi yang dicapai.

Siswa dan Siswi SMAN 1 Wawotobi saat mengukuti apel, sekaligus persiapan menerima materi fsikologi dari HMSI dan Universitas Mandala Waluya, Selasa (8/2/2022).

Olehnya itu kata dia, dengan adanya pelatihan minat bakat dari HMSI Psycologi itu akan mengarahkan untuk menentukan bakatnya ada di mana. “Saya yakin dari kita semua termasuk saya, sebagaimana perspektif agama kita akan jalan dengan takdir kita masing- masing tapi takdir itu kita tidak pernah tau kita mau jadi apa” jelasnya.

Dengan kegiatan ini menurutnya, akan dibuka minat bakat itu sendiri, melalui kegiatan ini yang diselenggarakan oleh teman- teman HIMSI dan Mandala Waluya program studi Psychologi. Sehingga itu bisa di asah potensi-potensi itu.

“Kalau misalkan mau jadi politisi atau jadi apa di sini tempatnya jika telah di asah maka akan muncul potensi- potensi itu.” kata Dr. Ardin.

Dengan hasil tes psikologi, mudah-mudahan bisa ketahui minat dan bakatnya siswa- siswa, kalau perlu dibukakan kelas khusus. dan harus mau berkompetisi.

Siswa dan siswi saat mengikuti pelatihan mengelola emosi

Seperti misalnya di tingkat pemerintahan, ada asesment, asensment kepemimpinan, intelegensi dan sebagainya kelihatan minat dan bakatnya. Jadi kalau menempatkan orang akan diketahui misalakan ada bekerja di luar kantor ada yang d dalam kantor itu akan ketahuan.

“Ini bisa diketahui dengan pola- pola asestmen psikologi, jadi teman- teman psikologi punya ilmu yang luar biasa” ujarnya

Ketua DPRD atas nama masyarakat Konawe dan pemerintah daerah mengucapakan terima kasih kepada HMSI karena telah mengabdikan diri dan mengaplikasikan ilmunya untuk siswa dan siswi SMAN 1 Wawotobi.

“Saya atas dan atas nama masyarakat konawe, sangat bangga dengan teman- teman HIMSI dan saya harap bukan hanya di SMAN ini saja, kalau perlu turun di SMP lagi nanti kita bukakan ruang dengan Pemda, karena nilainya ini luar biasa dan sangat positif” Tutup ketua DPRD.

Fose bersama Ketua DPRD Konawe Dr. Ardin, KS MAN 1 Wawotobi dan HMSI serta Mahasiswa Mandala Waluya.

Sementara itu Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) Ayub Djafar,S.Psi.,M.Psi, Psikolog. mengatakan, kehadirannya di SMAN 1 Wawotobi dalam rangka Psychology Toad To School, Tes Minat Bakat, Konseling Karir dan Pelatihan Mengeloloa Emosi.

Kata Ayub Djafar, Kehadiran mereka dalam rangka untuk berbagi ilmu kepada kelas 12, untuk mengetahui minat bakat, sekaligus memberikan pelatihan regulasi emosi persiapan menghadapi ujian sekolah.

“kami dari Tim HMSI akan membagi masing- masing kelas da kami mohon kerjasama untuk mengikutinya” Kata Ayub Djafar.

Rencanya kata dia, Ada dua kegiatan hari ini yang mereka akan laksanakan, pertama konseling dan pelatihan regulasi emosi hal ini dalam rangka persiapan menghadapi ujian nasional.

Dalam kegiatan ini selain hadir Ketua HMSI dan Universitas Mandala Waluya Kendari Program Studi Psikologi, juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Dr. Ardin dan Kepala Sekolah SMAN 1 Wawotobi Sahruni Noor,S.Pd., M.Si (**).

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY