Tingkatkan SDM, Pemkab Konawe Kerjasama Kominfo RI Gelar Pelatihan Digital Talent Scholarship

849
0
BERBAGI
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa

Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, melaksanakan penandatanganan MoU dengan Balitbang Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia (RI) Program Digital Talent Scholarship (DTS). Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan setelah apel pagi di lapangan upacara Kantor Bupati Konawe. – Sulawesi Tenggara. Senin (31/01-2022).

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, kerjasama Pemkab Konawe bersama Balitbang Kementrian Kominfo ini merupakan bentuk pengembangan SDM di Kabupaten Konawe, di karenakan perkembangan zaman sekarang semua serba digital, maka pihaknya juga akan mempersiapkan diri mulai dari ASN Pemkab Konawe sampai ke masyarakat pelaku usaha untuk lebih mengenal sisitim digitalisasi kedepan nya.

Dalam era digitalisasi, transaksi keuangan dan pembayaran pajak sekarang sudah peroses digital, jadi pihaknya mempersiapkan insprastruktur untuk menunjang era digital ini dan mudah mudahan Kabupaten Konawe menjadi Daerah Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara yang pertama menerapkan ini.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa

Menurutnya, dengan adanya pelatihan digital bagi Masyarakat Konawe, khususnya pelaku ekonomi, dirinya berharap dapat meningkatkan penghasilan masyarakat dengan memanfaatkan platfon digital dalam penjualan dan peningkatan peroduksi usaha yang kelak nantinya dapat mengurangi angka pengangguran dan dengan sendirinya akan meningkatkan penghasilan bagi daerah..

“Kunci dalam membangun daerah adalah kesejahtraan masyarakat dengan meningkatkan pendapatannya, biar gedung banyak kalau pendapatan masyarakat tidak meningkat mana di bilang sejahtera. Untuk itu kami selaku Pimpinan kepalah Daerah akan terus berupaya  meningkatkan pendapatan masyarakat baik di bidang Pertanian, Perikanan, Peternakan dan bidang lainnya” ujar Bupati Konawe.

“Saat ini, semuanya serba digital. Kita akan bersaing, kalau perlu jadi yang nomor satu di Sultra,” lanjut Kery.

Sementara itu Kepala Balai Besar Litbang Kementrian  Komimfo DR. Raden Muhammad Agung Harimurti, M.Kom., mengatakan, program beasiswa untuk pelatihan digital merupakan perogram dari Kementrian Kominfo sejak tahun 2018.

Kata dia, pihaknya sudah memberikan pelatihan digital sebanyak 1000 orang kemudian tahun 2019 meningkat menjadi 20.000 orang, tahun 2020 meningkat menjadi 50.000 orang, 2021 ini 100.000 orang dan tahun 2022 ini 200.000 orang dan sampai 2024 mendatang sampai 500.000 orang.

Kepala Balai Litbang Kominfo Makassar, Dr. Agung Harimurti

Peserta platihan digital ini sangat bervariatif mulai dari angkatan kerja muda, calon wirausaha muda, pegawai negeri (ASN) dan kalangan peroposional muda.

“Pelatihan ini untuk mempersiapkan kita menghadapi industri 4.0. Kita melakukan pelatihan digital ini dengan berbagai tema yang berhubungan dengan industri 4.0, diantaranya ciber security, artificel intelijen, internet oftings, kota cerdas, bisnis perose enjenering. Itu semua digunakan untuk persiapkan kita di era revolusi digital 4.0.” Kata Agung

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi digital yang cukup tinggi, ditahun 2020 ini omset untuk ekonomi digital sampai 130 milyar USD. Nanti di tahun 2035 omset diperkirakan mencapai 10.000 Milyar USD.  Sayangnya omset yang cukup besar itu diambil untung oleh pihak luar (pihak asing) karena Indonesia belum mempunyai SDM yang memadai.

“Jadi untuk mengejar dan supaya kita bisa menjadi pasar digital, kita harus mendidik, mempersiapkan angkatan muda kerja kita supaya bisa bersaing dan menjadi tuan rumah bahkan bisa mengexplor SDM digital ini, hingga kita bisa meraih untung untuk pasar digital ini” jelasnya.

Fose bersama Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Kepala Balai Litbang Kominfo Makassar, Dr. Agung Harimurti Sekda Konawe, Ferdinand Sapan, Kepala Dinas Kominfo Konawe, Muh. Akib Ras

Pelatihan digital ini gratis, lanjutnya, karena Keminfo yang memberikan beasiswanya. Jadi angkatan kerja muda di konawe, kemudian wirausaha muda bisa ikut bergabung, pihaknya datangkan istrukturnya kemudian akan sertifikasi baik secara Nasional maupun Internasianal.

Agung mengungkapkan, di Kabupaten Konawe akan memulai minggu ini sampai tahun ini di Kabupaten Konawe dengan berbagai ragam pelatihan digital. Bagi masyarakat yang berminat mengikuti pelatihan digital ini, pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs digitaltalent.cominfo.go.id..

Jadi semua pendaftarannya berbasis web, nanti setelah mendaftar kemudian diperoses dan kemudian baru mengikuti pelatihan digital ini.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. Sedangkan perwakilan Kominfo RI, dihadiri Kepala Balai Litbang Kominfo Makassar, Dr. Agung Harimurti. Turut hadir juga Sekda Konawe, Ferdinand Sapan, Kepala Dinas Kominfo Konawe, Muh. Akib Ras dan sejumlah kepala OPD Konawe. (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY