Pj Bupati Konawe Harmin Ramba Paparkan Strategi Membangun Konawe

115
0
BERBAGI
Pj Bupati Konawe saat menjadi pemateri dalam acara temu bisnis yang dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Konawe.

Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, memaparkan beberapa langkah strategi untuk membangun kabupaten Konawe. Saat menghadiri acara temu bisnis dan bertindak sebagai salah satu pemateri yang dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Konawe.

Selain Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, kegiatan tersebut turut dihadiri pemateri dari Dirjen Kementrian Pertanian, Dewi Taliroso, dan Kementrian Investasi, Jumina Sinaga, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan, perwakilan Polres, Perwakilan Pabung, dan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Konawe, di salah satu hotel Unaaha. Jum’at, (1/3/2024).

Temu bisnis yang bertemakan “Menumbuhkan Semangat Wirausaha Agro Dalam Membangun Kota Padi” merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke-64,

Harmin Ramba mengungkapkan, bahwa dirinya mempunyai program perencanaan untuk Konawe dengan konsep hilirisasi pertanian, dan hilirisasi industri.

Kata Harmin Ramba, dirinya akan membangun kota Unaaha sebagai sentral kota padi dengan potensi pertanian yang dimiliki. Sedangkan Morosi dan Routa, menjadi wilayah pengembangan Industri nikel dan baterai.

“Saya punya program, menjadikan kota Unaaha sebagai kota padi, kemudian Morosi sebagai wilayah pengembangan industri, dan Routa sebagai wilayah pengembangan industri nikel dan baterai,” ungkap Harmin Ramba.

Dia menjelaskan, pembangunan kabupaten Konawe sebaiknya tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) yang ada, ataupun dana transfer, tetapi dapat menjadikan potensi sumberdaya alam sebagai sumber peningkatan pendapatan.

Menurutnya, Temu Bisnis ini dapat memacu semangat para petani, dan pengusaha untuk mewujudkan pembangunan yang lebih baik di Konawe.

Guna mendukung investasi di Konawe, lanjut Pj Bupati Konawe Pemerintah Daerah mempunyai program pemberian insentif kepada para investor yang akan berinvestasi

Dalam peningkatan kerja sama yang baik dengan pihak swasta, ia berharap pihak bank dapat memberikan kemudahan-kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh modal usaha misalnya KUR.

Sedangkan untuk mewujudkan program Konawe kota padi, sangat dibutuhkan dukungan dari masyarakat, sehingga Harmin Ramba mengajak seluruh masyarakat Konawe, bersama-sama mensukseskan program pembangunan yang akan dilaksanakan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas PTSP Konawe, Keni Yuga Permana menyampaikan bahwa, tujuan dari kegiatan ini, dalam rangka menyatukan persepsi dari para pelaku usaha dibidang pertanian, guna mewujudkan Konawe kota padi.

“Kegiatan hari ini dalam rangka mempertemukan seluruh pelaku usaha dibidang pertanian, guna menyatukan persepsi untuk mewujudkan Konawe kota padi,” jelas Keni Yuga Permana

Keni katakan, kegiatan ini melibatkan sebanyak 220 orang pelaku usaha yang berkompeten dibidang pertanian. (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY