Delapan Camat Baru Dilantik Bupati Konawe

246
0
BERBAGI
Bupati Kery Saiful Konggoasa di Dampingi Sekda Konawe Dr. Ferdinan Sapaan melantik sekaligus diambil sumpah-Nya 8 camat lingkup Pemkab Konawe, di Aula Pendopo Kantor Pemkab Konawe, Senin (08/3/2021).

Dalam upaya menyegarkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe (Pemkab) delapan camat dilantik Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa. Pelantikan ini Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Konawe nomor 8 Tahun 2020 tanggal 08 Maret 2021 Tentang Pengangkatan Jabatan Camat di Kabupaten Konawe, Bupati Kery Saiful Konggoasa di Dampingi Sekda Konawe Dr. Ferdinan Sapaan melantik sekaligus diambil sumpah-Nya 8 camat lingkup Pemkab Konawe, di Aula Pendopo Kantor Pemkab Konawe, Senin (08/3/2021).

Pelantikan kedelapan Camat ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Konawe Nomor 80 tanggal 8 Maret Tahun 2021 berdasarkan pertimbangkan oleh Tim Penilai Kinerja (TPK) Kabupaten Konawe berdasarkan surat lampiran Nomor 1/TPK/I/2021/ pada, 17 Februari 2021.

Ke delapan camat yang diambil sumpahnya antara lain, 1. Hj. Dewi Saranani, S.Pd, jabatan lama Sekretaris Camat Pondidaha, jabatan baru Camat Pondidaha, 2. Masnurlena, S. Sos, jabatan lama Sekretaris Camat Meluhu, jabatan Baru Camat Meluhu, 3. Drs. Rakmin, M.Si, jabatan lama Sekretariat Dewan Pengurus Kopri, jabatan baru sebagai Camat Abuki, 4. Abu Bakar, SP., MM, jabatan lama Sekretaris Camat Abuki, jabatan baru Camat Asinua,

5.Dahlan, SP., MM, jabatan lama Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Konawe, jabatan baru Camat Lalonggasumeeto.6. Arlin L, SE, jabatan lama Sekretaris Camat Besulutu, jabatan baru Camat Besulutu, 7. Manto K, S. Sos, jabatan lama Sekretaris Camat Onembute, jabatan Baru Camat Onembute, dan 8. Masnur, S.Pd.I., MM, jabatan lama Sekretaris Camat Soropia, jabatan baru Camat Soropia.

Suasana sebelum pengambilan sumpah jabatan.

Bupati Kery Saiful Konggoasa dalam sambutannya mengatakan, pelantikan camat ini telah melalui proses yang melibatkan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Dan dari delapan camat yang baru dilantik ada enam camat yang selama ini menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt), dan telah menunjukkan kinerja dan dedikasinya dengan baik sehingga didefinitifkan sebagai camat.

Kery Saiful Konggoasa mengatakan Camat adalah pemimpin sekaligus koordinator penyelenggara pemerintah di wilayah kecamatan yang memperoleh kewenangan dari Bupati untuk urusan ekonomi daerah serta penyelenggara tugas dari bawah yang diberi tanggungjawab langsung oleh Bupati melalui Sekda.

“Camat yang tidak berlatarbelakang kan pendidikan diploma atau sarjana, diwajibkan mengikuti diklat Camat sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 30 tahun tahun 2009 pasal 1 angka 3 yaitu pendidikan yang bersifat teknis yang diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang pemerintahan guna untuk meningkatkan kelancaran penyelenggaraan di kecamatan,” Ujar Bupati dua periode ini.

Bupati Kery Saiful Konggoasa di Dampingi Sekda Konawe Dr. Ferdinan
Sapaan saat pelantikan camat yang juga dihadiri sejumlah OPD.

“Ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang pemerintahan. Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2009 Pasal 1 Angka 3 yakni pendidikan yang bersifat teknis” Ungkap Kery.

Kery juga berharap agar Camat yang dilantik betul-butul menjalankan tanggungjawabnya, serta tugasnya dengan baik dan ikhlas dan harus dibarengi dengan kerja keras sehingga membuahkan hasil yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Konawe.

Tak hanya kinerja Bupati Kery juga menyarankan perlunya adaptasi personal berhubungan tim kerja dan masyarakat sehingga dapat memahami kekuatan tim kerja, yang baru, sehingga roda pemerintahan kecamatan dapat berjalan dengan baik. Termasuk adaptasi dengan masyarakat agar camat dapat memahami karakter masyarakat di wilayah yang dipimpinnya.

Bupati Konawe ini juga mengimbau kepada seluruh Camat yang telah dilantiknya agar selalu menjaga dan mempertahankan elektabilitas, loyalitas, disiplin serta komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan oleh pimpinan.

Suasana pelantikan delapan camat lingkup Pemkab Konawe.

Lanjutnya, Para Camat harus selalu melakukan koordinasi serta menjaga keharmonisan terhadap pimpinan daerah baik Bupati, Wakil Bupati, Sekda serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun pejabat daerah lainnya.

“Saya berharap seluruh Camat yang baru saya lantik agar betul-betul kita kerja, terlebih lagi di Konawe untuk saat ini curah hujan sangat tinggi, saya harap kepada seluruh Camat di Konawe agar mengontrol kembali wilayahnya,” harapnya.

Pelantikan delapan camat lingkup Pemkab Konawe ini juga dihadiri sejumlah OPD lingkup Pemkab Konawe. (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY