Atas Kerja Keras Petani, Konawe Tetap Menunjukkan Peningkatan LTT

    37
    0
    BERBAGI
    Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Konawe, Gunawan Samad.

    KONAWE,- Atas kerjasama dan kerja keras semua pihak sehingga Konawe mengalami peningkatan signifikan dalam Luas Tambah Tanam (LTT) padi, hingga akhir Agustus 2024

    Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Konawe, Gunawan Samad, menyatakan bahwa hasil ini merupakan bukti kerja keras dari para petani di berbagai kecamatan dan dukungan pemerintah daerah dalam penyediaan sarana serta prasarana pertanian.

    Sehingga lanjutnya, Kecamatan Tongauna menempati urutan pertama sebagai penyumbang terbesar dengan luas tanam mencapai 1.018,6 hektare. Di posisi kedua, Kecamatan Asinua menyumbang 758 hektare LTT.

    Kecamatan Meluhu berada di urutan ketiga dengan kontribusi sebesar 571,9 hektare.
    Selanjutnya, Kecamatan Onembute tercatat memiliki LTT sebesar 485 hektare.

    Kecamatan Morosi berada di posisi kelima dengan luas tanam 433 hektare. Kecamatan ini juga berperan penting dalam pencapaian target luas tanam padi di Kabupaten Konawe.

    Selain lima kecamatan diatas, berikut daftar capai LTT disetiap kecamatan di Kabupaten Konawe: Kecamatan Tongauna Utara 310,6 hektare, Wawotobi 300 hektare, Pondidaha 203 hektare, Unaaha 136 hektare.

    Serta, Kecamatan Puriala 90 hektare, Amonggedo 80 hektare, Abuki 72 hektare, Kapoiala 45 hektare, Bondoala 31 hektare, Anggaberi 25 hektare.

    “Dengan sinergi yang terus dibangun antara pemerintah dan petani, kami optimistis Konawe dapat terus mempertahankan posisi sebagai salah satu lumbung padi di Sulawesi Tenggara,” ungkap Gunawan.

    Pemerintah Kabupaten Konawe terus berupaya memberikan berbagai bantuan, seperti alat dan mesin pertanian, pupuk, serta pelatihan bagi para petani, sehingga potensi lahan pertanian di setiap kecamatan dapat dimaksimalkan.

    Namun, Kata Gunawan, masih terdapat sejumlah Kecamatan di Kabupaten Konawe yang belum ada realisasi LTT padi hingga Agustus 2024.

    “Seperti Kecamatan Soropia, Lalunggasumeeto, Sampara, Besulutu, Lambuya, Uepai, Wonggeduku, Wonggeduku Barat, Konawe, Anggotoa, Latoma, Padangguni dan Routa belum ada realisasi LTT padi hingga Agustus 2024,” pungkasnya. (red)

    TIDAK ADA KOMENTAR

    LEAVE A REPLY