12 Desa di Konawe Terancam Dihapus

366
0
BERBAGI
Sekda Konawe, Dr. Ferdinand Sapan

UNAAHA,KONAWEKITA- Sebanyak 12 desa yang ada di dua kecamatan yang ada di Kabupaten Konawe akan hilang. Pasalnya, 12 desa yang tersebar di Kecamatan Asinua dan Latoma tidak lagi memenuhi syarat sebagai suatu desa. Akibatkan adanya rencana pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Pelosika yang akan mulai dikerjakan tahun 2023 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan menyebutkan, 12 desa yang terdampak itu diperkirakan seluas 5000 hektar. Dan otomatis desa tersebut akan hilang secara geografis.

Kata dia, menghapus desa berarti akan menghapus kode wilayah, dan itu menjadi domain dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI). “Ini bukan saja soal ganti rugi saja tapi ada masalah sosial disana,” ungkapnya, Senin (1/8/2022).

Ia menambahkan, saat ini pihaknya sementara mensosialisasikan dan mendata seluruh aset negara yang ada disana.

“Kita harus pikirkan bersama, kemana warga akan tinggal setelah desanya digunakan untuk pembangunan bendungan. Dan juga banyak aset negara disana, ada aset desa, aset kabupaten, aset provinsi, hingga nasional,” ujar Ferdinand.

Sebelumnya, Gubernur telah mengeluarkan SK 45 tentang panitia pengadaan tanah untuk kepentingan umum yang isinya adalah melakukan tahapan dan persiapan dan pelaksanan ganti rugi tanah. (red/KK)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY