Gubernur Sultra Taman Sayur Di Konawe, Guna Tingkatkan Ketahan Pangan

    99
    0
    BERBAGI
    Suasana kegiatan ketahanan pangan tingkat SMA/SMK yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Pembangunan (SMKN PP) Wawotobi

    UNAAHA,KONAWEKITA- Guna meningkatkan ketahana pangan di Sulawesi Tenggara, (Sultra), Gubernur Sultra, Ali Mazi memimpin kegiatan ketahanan pangan tingkat SMA/SMK yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Pembangunan (SMKN PP) Wawotobi, Selasa (6/6/2023).

    Kegiatan peningkatan Ketahanan pangan tersebut diisi dengan Penanaman Tanaman Hortikultura secara serentak yang dilakukan oleh 86 ribu pelajar SMP, SMA, dan SMK se-Sultra secara zoom. Sedangkan jumlah tanaman Hortikultura yang di tanam secara serentak sebanyak 317 ribu bibit berupa bibit Cabe, Tomat, dan Bawang.

    Kegiatan itu pula mendapat perhatian dan apresiasi dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), sehingga MURI menetapkan, Sultra menjadi Provinsi yang melakukan penanaman tanaman hortikultura terbanyak yang dilakukan secara serentak.

    Ali Mazi dalam sambutannya mengatakan, gerakan ketahanan pangan dapat membuka keterisoliran para pelajar. Dalam artian, siswa tidak melulu monoton menghabiskan waktu di sekolah hanya didalam ruang kelas belajar saja.

    “Sekali-kali siswa hirup udara segar. Jangan hanya menatap papan tulis didalam kelas. Ini tradisi yang harus dihidupkan dan dibudayakan. Sebab, gerakan ini mendukung pemanfaatan lahan pekarangan sekolah,” ujar Gubernur Ali Mazi.

    Komoditas yang sangat mempengaruhi inflasi yakni cabai, tomat dan bawang, sehingga tanaman yang telah ditanam secara massal itu, harus dijaga dengan baik sehingga dapat tumbuh subur.

    “Jangan hari ini kita tanam, terus kita biarkan tumbuh sendiri. Jangankan tumbuhan, manusia saja kalau tidak sarapan setiap pagi pasti lemas. Jadi, harus disiram dan dipupuk agar tumbuh sesuai yang kita harapkan,” ujar Gubernur Ali Mazi. (red)

    TIDAK ADA KOMENTAR

    LEAVE A REPLY