Antisipasi Dampak Kekeringan, Pemdes Bajo Indah Bangun Sumur

263
0
BERBAGI
Pemdes dan Masyarakat Desa Bajo Indah bangun sumur air bersih

UNAAHA,KONAWEKITA- Dalam upaya mengantisipasi kemarau yang melanda saat ini sebagai dampak Fenomena El Nino yang mengakibatkan kekeringan ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Sultra. Akibatnya, warga mulai kesulitan mendapatkan air bersih.

Mengatisipasi hal tersebut, Pemerintah Desa Bajo Indah, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, bersama masyarakat bangun sumur air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk pembuatan jalan sebagai akses untuk menuju sumber air bersih tersebut.

Sumur air bersih

“Kami sebagai pemerintah Desa Bajo Indah, bersama masyaratak membuat terobosan membagun Sumur sebagai sumber air bersih. Kami juga berinisiatif untuk membuat jalan dengan menggunakan alat berat. Apa lagi kami sudah mengalami krisis air bersih akibat kemarau yang melanda saat ini”. Ungkap Kepala Desa bajo Indah Subohan, Sabtu (4/11/2023)

Kata Subohan, pihaknya sebagai pemerintah desa dalam menghadapi krisis air bersih saat ini harus punya motivasi untuk menanggulangi hal tersebut. Pasalnya pihaknya tidak akan sepenuhnya tergantung pada pemerintah daerah yang selama ini menyuplay kebutuhan air bersih.

Akses jalan menuju sumber air bersih

“Kita tidak bisa sepenuhnya memberikan beban ini ke pemerintah daerah Konawe, dalam menangani krisis air bersih. Karena kami sadar betul pemerintah konawe dalam hal ini BPBD konawe dan Damkar Konawe sudah maksimal dalam menyuplai air bersih khususnya di Desa bajo Indah” ujar kades Bajo Indah.

Pihaknya juga memaklumi keterbatasan armada Pemda Konawe dalam melayani desa-desa yang mengalami kekeringan air bersih. Sehingga pihaknya berinisiatif membangun sumur air bersih untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Subohan juga beharap sumur air bersih yang dibangun tersebut, dapat dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat khususnya Desa Bako Indah. (Red)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY