Dekranasda Konawe Gelar Pelatihan Khusus Penganyam

721
0
BERBAGI
Pembukaan pelatihan yang digelar oleh Dekranasda Kabupaten Konawe di salah satu hotel di Konawe, Rabu (29/9/2021).

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Konawe, saat ini tengah mengupayakan peningkatkan kreatifitas dan mutu produksi bagi pengrajin- pengrajin di Konawe, Sulawesi Tenggara. Salah satunya dengan menggelar pelatihan khusus bagi para penganyam terampil, yang digelar disalah satu hotel di Konawe, Rabu (29/9/2021).

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Konawe, Titin Nurbaya Saranani yang rencananya akan berlangsung selama tiga hari ke depan (mulai 29 September hingga 1 Oktober 2021). Dalam acara pembukaan pelatihan itu turut hadir, Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Konawe, Jahiuddin.

Ketua Dekranasda Konawe Titin Nurbaya Saranani yang juga istri Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, yang membuka kegiatan pelatihan mengatakan, pengrajin di Konawe punya kemampuan yang mumpuni namun terkendala pada kreatifitas dan kemampuan membaca situasi dan permintaan pasar.

Suasana pelatihan kerajinan pengayam disalah satu hotel di Konawe yang berlangsung dari 29 September hingga 1 Oktober 2021.

Sehingga kata dia, anyaman yang dibuat kerap kalah bersaing di pasaran. Melalui pelatihan ini, pihaknya meyakini pengrajin akan dibekali cara mengasah kreatifitas agar dapat memenuhi permintaan pasar dengan desain kekinian dan mutu yang tinggi sehingga menghasilkan nilai jual yang tinggi pula.

“Pengrajin kita itu kurang unggul karena produksi kita masih standar. Makanya dibutuhkan kreativitas dan mutu yang kuat agar nilai jualnya lebih tinggi,” terang Titin.

Kegiatan pelatihan keterampilan khusus ini, Kata Ketua PMI Kabupaten Konawe, diikuti 60 peserta yang berasal dari lima kecamatan dan kesemuanya adalah pengrajin “Jadi yang diberi pelatihan itu mereka yang memang memiliki keterampilan. Seperti pengrajin Rotan dan pengrajin Serat Alam. Total ada 60 peserta dari lima kecamatan,” ungkap Titin Nurbaya Saranani

Ketua Dekranasda Kabupaten Konawe, Titin Nurbaya Saranani saat membuka pelatihan kerajinan anyaman, yang dihadiri Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Konawe, Jahiuddin.

Demi mewujudkan target Dekranasda untu melahirkan pengrajin-pengrajin berketerampilan lebih tinggi, pihaknya menghadirkan instruktur dari Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Sulawesi Tenggara. “Jadi yang kita beri pelatihan adalah mereka yang memang memiliki keterampilan. Seperti pengrajin Rotan dan pengrajin Serat Alam,” kata legislator Sultra itu.

Dikatakan, kegiatan ini tidak sebatas pelatihan saja, namun ia akan mengupayakan agar ada bantuan modal dan peralatan yang diberikan untuk menunjang produski para pengrajin. Untuk para pengrajin ini pihaknya juga akan berupaya membawa pengrajin keluar daerah untuk menambah dan memperdalam wawasannya. “Kita juga upayakan ke depan, mereka dibawa keluar daerah untuk studi banding,” ujar Titin.

Fose bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Konawe, Titin Nurbaya Saranani dan peserta pelatihan.

Untuk kendala sendiri, kata Titin, pengrajin mengeluhkan bahan baku yang masih minim dan bahan pewarna alami yang cukup langkah. Keluhan ini dianggapnya menjadi pekerjaan rumah buat Dekranasda Konawe, hal terungkap Saat dirinya berbincang dengan pengrajin serat alam, mereka pun mengeluhkan hal itu. “Ini yang akan menjadi perhatian kita ke depan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Instruktur dari Rumah Industri Kreatif Ariesta, St. Syamsidar menyampaikan bahwa selama tiga hari ke depan dirinya akan memberikan pelatihan dalam meningkatkan mutu produksi. Termasuk bagaimana produksinya dapat diterima di pasaran.

“Di sini kami mengedukasi mereka dan mengajarkan bagaiman berkreasi supaya ada nilai tambah dari anyaman sebelumnya,” katanya. (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY