Ketua DPRD Konawe Berkunjung di Puskesmas Puriala

504
0
BERBAGI
Diskusi Ketua DPRD Konawe DR. Ardin, Komisi III DPRD Konawe Susi Sri Hartinah, Amd. Keb. Kadis Kesehatan, Drg. Mawar Taligana, M.kes, Kapolsek Puriala, serta Camat Puriala dan Kepala Puskesmas Puriala terkait pelayanan kesehatan

Ketua DPRD Kabupaten Konawe Dr. Ardin berkunjung ke Puskesmas Puriala, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Jum’at (13/8/2021). Terkait tindak lanjut aspirasi masyarakat tentang tentang kurang maksimalnya pelayanan yang ada di Puskesmas Puriala.

Kehadiran Ketua DPRD Konawe di Puskesmas Puriala didampingi oleh Ketua Komisi III DPRD Konawe Susi Sri Hartinah, Amd. Keb. Juga hadir Kepala Dinas Kesehatan, Drg. Mawar Taligana, M.kes, Kapolsek Puriala, serta Camat Puriala dan Kepala Puskesmas Puriala

Suasana diskusi di Puskesmas Puriala

Dr. Ardin mengatakan, agar Kepala Puskesmas meningktkan pelayanan keperawatan dan pihak memberikan dukungan hal ini juga akan didiskusikan dengan Ketua Komisi III DPRD Konawe. Pihaknya juga berharap agar dengan kedatangannya bersama ketua Komisi III dapat memberikan vitamin dan dorongan bagaimana memikirkan persoalan puskesmas Puriala dan terkhusus sektor kesehatan agar lebih baik kedepannya.

“Saya sangat mensuport pak kapus untuk meningkatkan pelayanan di Puskeskas Puriala, saran saya kalau bisa tingkatkaan ini dari enam keperawatan menjadi lebih banyak dan menyesuaikan kebijakan pemerintah daerah, saya juga sarankan agar ketua Komisi membackup ini karena kebetulan ketua Komisi berasal dari Dapil ini” kata Ketua DPRD Konawe.

Diskusi ini juga dihadiri seluruh perawat dan bidan yang bekerja di puskesmas Puriala

Dr. Ardin juga menyarakan kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dikkes) Konawe, agar memprioritaskan Puskesmas Puriala menjadi puskemas rawat inap, karena karena secara kajian geografis dan kajian lainnya Puskesmas Puriala sangat mendukung untuk dijadikan puskesmas Rawat Inap.

“Jadi sangat wajar, karena kondisi georafis apalagi jalan rusak orang atau pasien sudah mati baru sampai di tempat ini, jadi kalau sudah tingkatkan saya yakin hal- hal seperti ini tidak akan terjadi, jadi wajar sebagamana yang dikeluhkan masyarakat” ungkap Dr. Ardin.

Suasana pelayanan di Puskesmas Puriala

Lanjutnya, sebagaimana sikap Kepala Puskesmas (Kapus) memberikan tindakan dan sanksi tegas kepada perawat yang lalai dan kurang respon terhadap palayanan itu merupakan sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin untuk memberikan efek jera, tetapi harus diperhatikan juga dari mendidik.

“Saya liat tadi pak kapus, sudah memberikaan sanksi tegas hal itu baik dilakukan untuk memberikan efek jera, tatapi harus dipertimbangkan dan diperhatikan dari sisi mendidiknya, dan hal ini harus dipikirkan oleh kapus bagaimana metode mendidik itu, dan harus diperhatikan kesejahtraannya” ujarnya.

Kata Politisi PAN ini, jadi pemimpin itu tidak mudah tetapi hal itu harus dilaksanakan dengan baik dan merupakan sebuah amanah yang harus diemban dengan baik.

Ketua DPRD Konawe DR. Ardin berbincang dengan perawat yang bertugas

Sementara itu, Kadis Kesehatan drg Mawar Taligana mengatakan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin membenahi kekurangan yang terjadi terutama dari aspek pelayanan kesehatan, juga akan berupaya menjadikan Puskesmas Puriala menjadi puskesmas rawat inap.

“Terkait adanya keluhan masyarakat terkait pelayanan di pukesmas ini, kita akan berusaha semaksimal mungkin meningkatkan pelayanan kesehatan, agar kedepannya menjadi lebih baik, kami juga berharap dukungan penuh dari DPRD Konawe menjadikan puskesmas Puriala ini menjadi puskesmas keperawatan” Ujar drg. Mawar.

Usai melakukan diskusi dengan pihak puskemas dan dinkes yang dihariri kapolsek puriala serta camat, ketua DPRD meninjau fasilisas pendukung pelayanan kesehatan yang dimiliki puskesmas. (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY