Sekda Konawe : Penanaman Mangrove Diharapkan dapat Menjaga Ekosistem Laut

130
0
BERBAGI
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Dr. Ferdinad Sapan saat menghadiri peringatan Hari Bumi Sedunia, yang diselenggarakan oleh Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Haluoleo (UHO), di Desa Tapulaga Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe

Sebagai bentuk kepedulian terhadap perubahan iklim secara global dan ekosistem laut, salah satunya dengan kegiatan penanaman mengrove. Mewakili Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Dr. Ferdinad Sapan menghadiri peringatan Hari Bumi Sedunia. Yang diselenggarakan oleh Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Haluoleo (UHO), di Desa Tapulaga Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe. Sulawesi Tenggara Selasa (5/4/2022).

Peringatan Hari Bumi Sedunia ini diselenggarkan oleh Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan, Universitas Haluoleo Di Desa Tapulaga, Kecamatan Soropia ini, dengan Kegiatan Penanaman Mangrove dengan mengangkat Tema “Gerakan Seribu Bibit, Sejuta Manfaat untuk Pesisir Sulawesi Tenggara”.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Dr. Ferdinad Sapan saat menyampaikan sambutan pada peringatan Hari Bumi Sedunia

Dalam sambutannya Sekda Konawe Ferdinand Sapan menyampaikan bahwa angka Stunting di daerah pesisir ini cukup tinggi.

“Kami dipesisir ini membutuhkan kajian, yakni angka stunting di sini cukup tinggi. setelah dilakukan kajian, nilai protein yang dikonsumsi masyarkat pesisir cukup rendah walaupun hasil ikan yang dihasilkan cukup besar namun yang dijual adalah ikan yang nilai protein ya tinggi, sehingga yang banyak di konsumsi masyarakat pesisir adalah ikan yang proteinnya rendah,” ungkap Ferdinand.

Kata Sekda Ferdinand, Pemda Konawe membutuhkan adanya kajian dan kerjasama dari Fakultas Perikanan UHO. pihaknya dari pemerintah Konawe berharap adanya bentuk dukungan dan kerjasama dari semua pihak, “Universitas Haluoleo utamanya dari Fakultas Perikanan agar mengedukasi masyarakat pesisir kita,” ujarnya.

Suasana peringatan Hari Bumi Sedunia Di Desa Tapulaga, Kecamatan Soropia

Lanjutnya, Kegiatan penanaman mangrove ini diharapkan bisa menjaga ekosistem yang ada di laut, dan memberikan yang terbaik bagi kelangsungan kehidupan dan memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat pesisir.

“Kegiatan penanaman mangrove ini diharapkan bisa menjaga ekosistem yang ada di laut kita, dan memberikan yang terbaik bagi kelangsungan kehidupan dan bermanfaat bagi masyarakat pesisir kita,” Harap Ferdinand Sapan.

Fose Bersama Sekda Konawe, Dr. Ferdinad bersama peserta peringatan Hari Bumi Sedunia

Pemerintah Kabupaten Konawe juga mengucapkan terimakasih kepada FHIL UHO, atas kegiatan yang diselenggarakan di Desa Tapulaga Kecamatan Soropia ini.

Hadir dalam kegiatan pelaksanaan kegiatan penanaman mangrove Sekda Konawe Ferdinand Sapan, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Konawe Herianto Wahab, Camat Tapulaga, Kepala Desa Tapulaga, Perwakilan PT Antam, Kasrem 143 Halu Oleo, Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Nur Arafah, Dekan FHIL UHO Prof. Dr.Ir.Aminuddin Mane Kandari, Peserta dan sejumlah tamu undangan. (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY