Beberapa Kecamatan Dilanda Bencana, Ketua DPRD Minta Pemda Respon Secepatnya

36
0
BERBAGI
Rumah rusak diterjang angin puting beliung.

Sejumlah wilayah di Kabupaten Konawe mengalamai bencana alam dalam hal ini puting beliung disertai hujan. Wilayah tersebut seperti di Kecamatan Routa, Wonggeduku, Kecamatan Konawe, dan Kecamatan Unaaha serta Kecamatan Uepay.

Menyikapi peristiwa ini Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, Dr. H. Ardin, S.Sos., M.Si mengajak pemerintah daerah Kabupaten Konawe dalam hal ini Penjabat Bupati Dr. H. Harmin Ramba, SE., MM., serta seluruh jajarannya untuk segera memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

“Kami mengajak Pj Bupati agar segera memberikan bantuan kepada warga kita yang terkena dampak bencana alam,” jelas Ardin saat dijumpai di kediamannya, Selasa (23/1/2024).

Disebutkan wilayah yang terkena dampak bencana alam, seperti di Kecamatan Routa yang dilanda banjir, Kecamatan Konawe sebuah rumah milik warga yang dihantam angin puting beliung, Kecamatan Wonggeduku juga angin puting beliung, Kecamatan Unaaha serta pepohonan yang tumbang yang secepatnya harus segera di bersihkan.

Ketua DPRD Konawe, Dr. Ardin, S.Sos.,M.Si bersama anggota DPRD Konawe

“Pemerintah kami harapkan segera turun langsung, terutama leading sektor bencana (BPBD) dan dinas terkait,” tambahnya.

Kata Ardin, persoalan anggaran pemerintah tidak perlu ragu, pemerintah bisa menggunakan anggaran bencana atau dana khusus yang disiapkan untuk mengatasi masalah genting atau bencana seperti saat ini.

“Kita bisa gunakan dana bencana kita, poinnya masyarakat membutuhkan bantuan kita, olehnya tidak ada alasan bagi kita untuk membantu,” tutup Ardin.

Sebelumnya sejumlah wilayah di Kabupaten Konawe diterjang bencana alam Angin Puting Beliung, Senin(22/1/2024) kemarin.

Angin disertai petir dan hujan yang menerjang, menyebabkan sejumlah rumah milik warga mengalami kerusakan, pohon tumbang hingga kabel listrik milik PLN di Unaaha putus.

Kondisi rumah warga yang mengalami kerusakan

Diberitakan sebanyak 17 rumah di Kabupaten Konawe tepatnya di Kecamatan Wonggeduku dan Wonggeduku Barat rusak karena diterjang angin puting beliung. Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (22/1/2024), sekitar pukul 17.30 Wita.

Kapolsek Wonggeduku, IPDA Kasibun mengatakan awalnya terjadi hujan deras disertai dengan angin kencang puting beliung.

Karena kejadian tersebut 17 rumah mengalami kerusakan. “Lima rumah masyarakat di Desa Duriaasi, satu rumah masyarakat Kelurahan Puuduria, dua rumah masyarakat Desa Bendewuta Kecamatan Wonggeduku dan 10 rumah Desa Baruga, Kecamatan Wonggeduku Barat,” jelasnya.

Sama halnya yang terjadi di Desa Tanggodipo kecamatan Uepay, tiga rumah warga mengalami kerusakan akibat angin kencang disertai hujan.

Warga yang terdampak bencana terpaksa harus mengungsi dirumah keluarga mereka untuk sementara waktu. (**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY