Catat Sejarah, KSK Jadikan Konawe Masuk Tiga Besar Pemerintahan Terbaik Se-Indonesia

211
0
BERBAGI
Bupati kabupaten Konawe Kery Saiful Konggoasa saat menyampaikan pidato

Pemerintah pusat memberikan apresiasi dan memilih Kabupaten Konawe sebagai salah satu daerah dari tiga besar pemerintahan terbaik di seluruh Indonesia. Apresiasi tersebut berdasarkan kinerja laporan penyelenggaraan pemerintah daerah dari 543 Kabupaten/Kota se Indonesia. Penghargaan tersebut menjadi kado istimewa diperayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 63 Kabupaten Konawe.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) hal tersebut dihadapan ribuan penonton sesaat sebelum membuka kegiatan hiburan malam jelang perayaan HUT ke 63 kabupaten Konawe di RTH kantor Bupati Konawe, Senin (28/2/23) malam.

“Malam ini, saya ingin sampaikan kepada seluruh masyarakat Konawe, kita tadi baru saja dapat berita dari Jakarta, bahwa Kabupaten Konawe masuk tiga besar untuk pemilihan pemerintahan yang terbaik di seluruh Indonesia,” ungkap bupati dua periode ini.

Suasana pembukaan kegiatan hiburan malam jelang perayaan HUT ke 63 kabupaten Konawe di RTH kantor Bupati Konawe.

Kata Kery apa yang dicapai kabupaten Konawe saat ini, semua merupakan hasil kerjasama seluruh masyarakat Konawe termasuk TNI dan Polri yang ikut menjaga stabilitas keamanan di bumi Konawe.

“Saya tidak pernah membayangkan 10 tahun yang lalu, orang pernah meragukan, mau jadi apa itu (Konawe), kalau Kery yang jadi Bupatinya?, tapi syukur Alhamdulillah, pada hari ini, saya tidak akan terlalu banyak ngomong, tapi biarkan waktu, biarkan hari yang akan menjawab semuanya. Yang penting seluruh masyarakat Konawe sehat walafiat, bergembira, dan rukun-rukun semua,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Dr. Ferdinand Sapan juga menyampaikan prestasi tersebut yang merupakan kado istimewa menjelang HUT Konawe ke 63 tahun yakni bahwa Kabupaten Konawe kembali mendapatkan penilaian kinerja laporan penyelenggaraan pemerintahan terbaik di Indonesia dari pemerintah pusat di Jakarta.

Sekda Konawe, Dr. Ferdinaan Sapaan saat menyampikan pidato

“Seperti yang disampaikan Bupati Konawe, ijin saya juga Wakapolres Konawe, kami tadi bertiga dengan Ketua DPRD Konawe, Bupati Konawe, dan Kepala Bappeda Konawe, terlambat datang kesini, sehingga keluarga kita semua ini, mungkin menunggu, karena kita video conference dengan Pemerintah Pusat di Jakarta yang menyampaikan secara langsung bahwa Kabupaten Konawe menjadi salah satu daerah dengan kinerja laporan penyelenggaraan pemerintah daerah yang masuk 3 besar di Indonesia dari 543 Kabupaten/Kota,”bebernya.

Ini merupakan kebanggaan dari kinerja semua pihak dan menjadi kinerja dari teman-teman DPRD, dan berkat dukungan seluruh masyarakat, dan tentunya peran TNI/Polri yang membuat kita nyaman dan tentram dalam melaksanakan kegiatan program pembangunan itu.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari Dinas Kominfo Kabupaten Konawe, bahwa berdasarkan rilis dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sultra, kinerja pertumbuhan ekonomi daerah di Sultra pada tahun 2022, Kabupaten Konawe kembali menempati urutan pertama dengan nilai pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi Sultra yakni sebesar 15,38 persen.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK)

Dan capaian ini sangat jauh, jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Sultra yang hanya tumbuh sekitar 2 hingga 5 persen.

Dan selama Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa memimpin Kabupaten Konawe telah membawa kemajuan yang gemilang, sebab selama 5 tahun berturut-turut mulai tahun 2018 – 2022 Kabupaten Konawe menjadi daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi Sultra.

Hal ini tentunya menjadi catatan sejarah yang dibuat oleh Kery Saiful Konggoasa dalam memimpin salah satu kabupaten tertua di Sulawesi Tenggara.

Berdasarkan data BPS terkait laju pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan 2010 menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Sultra dari tahun 2018 hingga 2022.

Dalam data ini, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Konawe pada tahun 2018 sebesar 10,70 persen, kemudian pada tahun 2019 sebesar 11,84 persen, pada tahun 2020 sempat turun di 6,89 persen, lalu pada tahun 2021 kembali naik pada angka 7,78 persen, dan pada tahun 2022 kembali melesat ke angka 15,38 persen. ((**)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY