Dikbud Konawe Adakan Bimtek PAUD Holistik Integratif

122
0
BERBAGI
Bimbingan Teknis pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif

UNAAHA,KONAWEKITA-Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Konawe melalui Bidang Paudikmas menggelar Bimbingan Teknis pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI). Yang diikuti 100 peserta yang bernaung dalam lembaga PAUD sekabupaten Konawe yang dilaksanakan dari tanggal 7 sampai 10 September 2023 disalah satu hotel di Konawe.

Kepala Diknas Konawe, Suryadi, saat membuka kegiatan Bimtek, memberikan apresiasi pada Bidang Paud Dikmas yang mampu berkordinasi dengan Kementrian sehingga program Paud HI dapat di laksanakan di kabupaten Konawe.

“Tidak semua Kabupaten mempunyai Paud HI, karena harus memenuhi syarat salah satunya adalah kerjasama semua komponen untuk melakukan pendampingan (pada anak usia Dini, red).” Terang Suryadi.

Ia mengatakan Paud HI adalah sebuah pengembangan peserta didik yang dilakukan secara utuh dan menyeluruh yang dilakukan semua komponen.” Tanggung jawab ini tidak hanya kita berikan pada pemda dan pusat ini adalah tanggung jawab bersama,” jelas Suryadi.

Sebelumnya Kabid Paud Dikmas, Siti Rostini dalam sambutannya mengatakan, PAUD HI adalah upaya pengembangan usia dini yang dilakukan untuk kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait stimulan, sistematis, dan terintegritas.

“Layanan stimulan holistik mencakup layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan merupakan kebijakan yang melibatkan instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, dan tokoh masyarakat yang dimana telah sesuai dengan Perpres Nomor 60 tahun 2013,” Kata Siti Rostini.

Kata dia, PAUD HI semakin diperkuat dengan terbitnya Perpres Nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting yang mengamanatkan perlu adanya rencana aksi nasional dan daerah pengembangan PAUD HI.

Lanjutnya, Bimtek tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah PAUD yang mampu menyelenggarakan pembelajaran berkualitas dan layanan holistik integratif sebagai upaya pencegahan penurunan angka stunting dengan target 70 persen pada satua PAUD penyelenggaraan layanan holistik integratif di tahun 2024.

“Strategi pengembangan anak di usia dini diawali melalui penguatan dan penyelarasan pemberdayaan masyarakat yang digelar oleh Dikbud Konawe dengan menggelar Bimtek PAUD HI,” Tandasnya.(red)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY