ARTIKEL TERBARU

0
Ketua DPRD Konawe, Dr. Ardin

UNAAHA,KONAWEKITA- Polemik terkait himbaun Bawaslu Konawe, Pj Bupati Untuk Tidak Melakukan Penggantian Pejabat jelang Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024. Ketua DPRD Konawe Dr. Ardin menilai hal tersebut sah-sah saja selama dalam koridor pelaksanaan tugas dan fungsinya, untuk menegakkan aturan sesuai yang telah diatur dalam perundang undangan yang berlaku.

“Hanya perlu dipahami bahwa dalam kehidupan ketatanegaraan kita, dalam pelaksanaan pemerintahan ada juga rambu-rambu yang harus dihargai, karena pemerintahan harus berjalan pada koridor atau regulasi yang di tetapkan oleh penyelenggara negara berupa undang undang dan peraturan pemerintah lainnya” kata Dr. Ardin

“Selama masih berjalan dikoridornya maka kita wajib memberikan suporting dan sebaliknya jika keluar rel kita juga wajib untuk memberikan warning, karena sesungguh pemerintah itu melaksanakan daulat Rakyat” sambung Ketua DPD PAN Konawe ini.

Terkait dengan persoalan mutasi jabatan Ketua DPRD Konawe yang juga mantan Dosen Universitas Lakidende (Unilaki) Unaaha ini mengatakan, bahwa selama untuk penataan pelayanan birokrasi yang lebih baik untuk kepentingan rakyat dan mendapatkan isin dari kementrian dalam negeri maka itu sah sah saja.

Sehingga lanjutya, tidak perlu dipolemikkan dengan dalil demokrasi, “biarkan demokrasi politik mencari jalannya sendiri, sesuai kehendak rakyat dan ketentuan yang telah digariskan oleh konstitusi kita” ujarnya

Menyikapi persoalan politik Konawe, Anggota DPRD Provinsi Sultra terpilih ini mengajak kepada segenap kader-kader terbaik daerah untuk mengambil peran dan biarkan masyarakat yang memberikan penilaian melalui pilihan politik pada saatnya. (red)

0
Pemdes Bajo Indah berikan bantuan mesin jahit pada warga

UNAAHA,KONAWEKITA- Dalam upaya meningkaykan tarap ekonomi warganya, Pemerintah Desa (Pemdes) Bajo Indah, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, memberikan bantuan mesin jahit kepada warga berusaha di bidang industri rumahan.

Kepala Desa Bajo Indah, Subohan mengatakan, merujuk tentang regulasi undang-undang dana desa yang bisa bermanfaat untuk masyarakat di tahun 2024, maka pemerintah Desa bajo indah memberikan bantuan mesin jahit kepada ibu Salamawati.

Hal ini dilakukan kata Subohan, hal ini salah satu upaya pemerintah Desa Bajo Indah untuk meningkatkan ekonomi warganya. Sehingga pihaknya menilai warga yang non nelayan memiliki peluang berusaha dibidang industri rumahan, tentunya hal ini sebuah peluang dalam membantu meningkatkan ekonomi.

Selain itu lanjut Subohan, bantuan tersebut juga bagian dari program ketahanan pangan dan diketahui di Desa Bajo Indah mayoritas berprofesi sebagai nelayan, namun pihaknya tetap memberikan ruang kepada masyarakat non nelayan untuk meningkatkan tarap hidupnya. Artinya azas keadilan dan pemerataan dalam dana desa dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

“Bantuan mesin jahit tersebut salah satu program ketahanan pangan di mana kita tahu anggaran ketahanan pangan di dalam anggaran dana desa sebesar 40%, masyarakat Desa Bajo Indah 80% adalah nelayan tapi kami memberikan ruang bagi non-nelayan sehingga adanya rasa keadilan penggunaan dana desa dapat tersentuh seluruh lapisan masyarakat” Jelas Kades Bajo Indah

Sementara itu penerima bantuan Salmawati mengatakan, dirinya sangat bersyukur dan memberikan ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Bajo Indah dapat menerima bantuan yang bersumber dari Dana Desa dan berhap dengan bantuan tersebut dapat meningkatkan ekonomi keluarganya.

“saya sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan kepada saya melalui bantuan dana desa, terus terang kurang lebih dari 20 tahun barusan kali ini saya merasakan yang namanya bantuan dana desa, semoga dengan bantuan ini bisa memberikan nilai ekonomi bagi keluarga kami, saya mengucapkan banyak Terima kasih kepada kepala Desa Bajo Indah, Subohan atas bantuan yang telah diberikan” Ungkapnya. (red)

0
Suasana buka pusa bersama Pj Bupati Konawe, harmin Ramba

JAKARTA, PJ Bupati Konawe, Harmin Ramba bersama jajaran Pemda Konawe menggandeng masyarakat Konawe yang berdomisili di Ibu Kota Jakarta menggelar kegiatan silaturahmi yang dibalut dengan buka puasa bersama (Bukber) yang dilaksanakan di Hotel 1001 Malam, pada Rabu 3 April 2024 malam.

Dalam kegiatan silaturrahmi yang dirangkaikan dengan Bukber tersebut, juga dihadiri oleh Tomas Tolaki, DR H Husni Umar, Pakar Sosiologi Prof Nora, Drs Sugiman Pabelu, DR Syahrir. Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Mantan Kejari Konawe, Iwan Tajudin, SH, MH serta para aktivis mahasiswa yang berdomisili di Jakarta.

Tak hanya masyarakat Konawe yang berdomisili di Jakarta yang hadir dalam satu kesatuan acara Bukber, melainkan hadir juga semua masyarakat konawe dan mahasiswa dari semua universitas baik yang ada di Jakarta maupun yang ada di Bogor.

PJ Bupati Konawe, Harmin Ramba dalam sambutannya mengatakan acara silaturahmi yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama adalah bagaimana membangun spirit MEPOKOASO yang real.

” Bukan yang SEMU dan sebatas teoritik saja,” pesan Harmin Ramba yang dibarengi dengan gemuruh tepuk tangan dari tamu dan undangan.

Menurut Harmin Ramba, kedepannya harusnya sudah tertata di awal dalam culture budaya Tolaki.

“Membangun Sumber Daya Manusia itu harus dengan kesesuaian kebutuhan daerah,” cetus Harmin.

Selain itu juga, Harmin Ramba berpesan, dalam menyampaikan potensi pertanian dan pertambangan serta perikanan di Konawe itu dengan kebutuhan sarjana yang skala prioritas

“Pemerintah Kabupaten Konawe sangat memerlukan SDM berlatar belakang Sarjana. Karena kenapa, karena Sarjana inilah nantinya yang akan menyampaikan dan mengarahkan sesuai potensi Konawe ke masyarakat luas,” cetusnya.

Makanya nanti, kata Harmin Ramba, adik adik mahasiswa kedepan Pemda Konawe akan membuat ROAD MAP kebutuhan SDM.

“Selain itu juga kita akan beri beasiswa kepada mahasiswa Konawe pada Tahun 2025. Hal itu agar putra dan putri yang berasal dari Konawe bisa memilih kuliah sesuai kebutuhan sektor unggulan Pemerintah Kabupaten Konawe,” tandasnya. (rls)

0
Penyaluran BLT DD kepada KPM Desa Atowatu

UNAAHA- Sebanyak 30 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Atowatu Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap I tahun 2024. Yang berlangsung di Balai Desa Atowatu

BLT DD Tahun 2024 tahap pertama ini, disalurkan sebanyak tiga bulan 3 bulan mulai dari Januari, Pebruari dan Maret, dengan besaran 300 ribu perbulan per Keluarga Penerima Manfaat selama tiga bulan, dengan total keseluruhan Rp.27.000.000,-.

Kepala Desa Atowatu, Ulfa, S.Pd mengatakan Penyaluran BLT-DD tahun 2024 bertujuan untuk membantu keluarga miskin ekstrim yang ada desa. Yang mana BLT Dana Desa merupakan program yang ditujukan untuk memberikan bantuan uang kepada keluarga yang kurang mampu di desa, dengan sumber dana yang berasal dari dana desa untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

“Harapan saya semoga dengan penyaluran BLT tahap 1 di bulan suci Ramadhan ini dapat bermanfaat bagi penerima khususnya bagi yang miskin ekstrim lansia dan juga janda-janda” ungkap Ulfa.

Kata dia, diharapkan juga BLT dapat secara langsung membantu penerima dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka, seperti membeli makanan, yang intinya mampu mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada Penyaluran BLT tersebut turut hadir, Babinsa, Perangkat Desa, dan pendamping desa serta 30 Keluarga KPM BLT Dana Desa. (Red)

0
suasana penyaluran BLT DD tahap pertama desa Bajo Indah

UNAAHA,KONAWEKITA- Desa Bajo Indah, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun anggaran 2024. Bertempat di balai Desa Bajo Indah Jum’at (22/3/2024)

Penyaluran BLT Desa Bajo Indah periode, Januari, Februari, Maret, sebanyak 20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan total keseluruhan Rp.18.000.000 (18 juta rupiah).

Kepala Desa Bajo Indah, Subohan mengatakan, bahwa penyaluran BLT Dana Desa diberikan sebesar Rp.900.000 ribu perorang untuk 20 KPM.

“Dengan cairnya BLT dana desa kami berharap bisa membantu meringankan, beban ekonomi dalam menjalankan ibadah puasa, Semoga dana BLT tersebut dapat di manfaatkan dengan baik.” Ucap Subohan

Penyaluran BLT tersebut turut hadir, Ketua BPD, Babinsa, Perangkat Desa, serta 20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa.

Pihaknya berharap, masyarakat bisa bijak dalam menggunakan bantuan yang diberikan, gunakan untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari.

“Jadi saya harapkan untuk masyarakat penerimah BLT dapat dipergunakan sebaik mungkin.” tutupnya (red)

0
Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, bersama Karo SDM Polda Sultra

KONAWEKITA – Penjabat (Pj) Bupati, Harmin Ramba mewakili Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe, bersama Biro SDM Polda Sultra teken MoU tentang penggunaan Assessment Center Polri. Senin (25/3/2024). Penandatanganan MoU merupakan sebuah langkah strategis, dan inovatif, dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, khususnya Kabupaten Konawe.

Diharapkan kerjasama ini dapat memberikan manfaat, dengan pasilitas penunjang di assessment center polri, bisa saling berbagi untuk kepentingan pengembangan SDM di daerah.

“Assessment yang dilakukan ini adalah sebuah alat ukur yang handal dan objektif, dalam menilai kompetensi individu, baik untuk keperluan seleksi, promosi, mutasi, maupun pengembangan karir,” ungkap Karo SDM Polda Sultra, Danang Beny K, mewakili Kapolda Sultra, Teguh Pristiwanto.

Assessment center Polri telah memiliki standar akreditasi “A” dari Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (BKN), penilaian kategori A dari Menpan RB yang menegaskan pengakuan atas kelayakan, dan kompetensi penyelenggaraan penilaian yang dilakukan oleh assessment center polri.

Selain itu, assessment center Polri juga didukung oleh assessor yang profesional, dan bersertifikat dari lembaga sertifikasi profesi (LSP), dan telah mendapat penghargaan museum rekor indonesia (MURI) tahun 2023 yang tersebar di seluruh polda se-Indonesia.

Dengan adanya kegiatan assessment yang akan dilaksanakan oleh assessment center Polri, Biro SDM berupaya menggali potensi dan kemampuan individu secara lebih mendalam dan menyeluruh, yang hasilnya bisa menjadi pedoman bagi pemkab Konawe sebagai pengguna hasil dari kegiatan assessment, untuk menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat, sesuai dengan visi, misi, dan tujuan Pemkab Konawe.

“Assessment center Polri juga dapat membantu kita dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan individu, sehingga kita dapat merancang program pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan individu,” pungkas Danang Beny. (RLS)

0
SMSI terima penghargaan MURI

JAKARTA – Penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kembali diraih organisasi pers Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Kamis sore (21/3/2024) di Auditorium Ki Narto Sabdo, Gedung Jaya Suprana Institute (JSI), Jalan Gading Kirana Timur, Jakarta Utara.

Penghargaan MURI terkait penyelenggaraan donor darah serentak di 33 provinsi saat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 SMSI pada 7 Maret 2024 itu diserahkan langsung oleh pendiri MURI Jaya Suprana kepad Sekretaris Jenderal SMSI Mohammad Nasir, mewakili Ketua Umum SMSI Firdaus.

Yang teristimewa, dalam penerimaan MURI untuk SMSI tersebut adalah penggunaan Gedung Jaya Suprana Institute (JSI) yang belum lama diresmikan. SMSI adalah yang pertama menerima penghargaan MURI di JSI. Sebelumnya penyerahan MURI dilaksanakan di Museum MURI di Mall of Indonesia (MOI) yang sekarang tidak digunakan.

    Penghargaan MURI Ketiga

Penerimaan penghargaan MURI Kamis (21/3/2024) adalah yang ketiga sejak SMSI diketuai oleh Firdaus. Sebelumnya pada 28 Februari 2020 SMSI dianugerahi penghargaan MURI atas kecepatan, daya sebar, dan banyaknya media siber yang tergabung di SMSI dalam menyampaikan tulisan opini bertema “Mendambakan Keadilan Sosial”.

Saat itu hanya dalam kurun waktu 7,5 jam, opini yang disampaikan SMSI ke anggotanya sudah dimuat 571 media yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Setelah itu penghargaan MURI diterima SMSI pada 18 Maret 2022, atas pencatatan jumlah anggotanya per 31 Desember 2021 mencapai 1.761 pengusaha pers siber yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia, dan terbesar di dunia.

Penghargaan terakhir diterima ketika SMSI berulang tahun ke-7, pada 7 Maret 2024, dan anggotanya sudah bertambah menjadi sekitar 2.600 pengusaha pers.

Penghargaan rekor MURI kali ini diberikan bukan karena jumlah anggotanya yang banyak, melainkan kepedulian SMSI terhadap kemanusiaan melalui donor darah.

Donor darah diselenggarakan oleh anggota SMSI secara serentak 33 provinsi bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) yang tersebar di Tanah Air. Kegiatan itu diberitakan oleh 1.300 media pers online yang merupakan jaringan SMSI.

Diwawancarai Khusus

Sebelum menerima penghargaan rekor MURI, Sekretaris Jenderal SMSI Mohammad Nasir yang mewakili Ketua Umum SMSI Firdaus, diwawancarai secara khusus terlebih dulu oleh pendiri MURI Jaya Suprana. Wawancara yang direkam itu menggali rekor apa yang telah dicapai dalam kegiatan donor darah tersebut.

“Sebelum memberi penghargaan, kami harus tahu dulu pencapaian atau rekor apa yang telah dicapai SMSI. Jelaskan SMSI itu organisasi macam apa. Jelaskan itu,” kata Jaya Suprana kepada Nasir yang duduk bersebelahan di bangku khusus yang dirancang untuk semacam rekaman podcast.

Nasir dengan gayanya yang kalem menjelaskan, SMSI adalah organisasi perusahaan pers yang kini tempat bernaung sekitar 2.600 orang tersebar di seluruh Indonesia. Sesama organisasi pers, SMSI beda dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang merupakan organisasi profesi wartawan.

SMSI didirikan oleh beberapa orang pengurus PWI antara lain Firdaus yang sekarang menjadi ketua umum SMSI, Atal S Depari (mantan ketua umum PWI Pusat) dan Mirza Zulhadi (mantan Sekjen PWI).

Ketika SMSI ulang tahun ke-7, pada 7 Maret 2024, semua pengurus sepakat untuk mengisi acara tidak dengan hura-hura. Tetapi melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat, kegiatan peduli kemanusiaan. Kegiatan yang dilakukan berupa donor darah serentak di seluruh provinsi.

“Ini penting untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah, untuk keluarga yang membutuhkan,” kata Nasir.

“Betul sekali, kita suatu saat juga butuh darah,” tambah Jaya Suprana.

“Lalu kaitannya dengan pemberitaan?” tanya Jaya Suprana.

Menurut Nasir kegiatan donor darah serentak itu kemudian diliput dan dipublikasikan oleh 1.300 media siber jaringan SMSI. Pemberitaan ini bertujuan supaya kegiatan kemanusiaan SMSI tercatat dan bisa diikuti oleh masyarakat luas.

“Pemberitaan donor darah juga memberi semangat para anggota SMSI dan masyarakat di daerah. Apalagi mendapat penghargaan MURI, ini luar biasa dan menambah semangat kami,” kata Nasir.

Setelah mendengar penjelasan Nasir, Jaya Suprana yang mengenakan selendang kain mengangkat piagam penghargaan MURI dan membaca ulang kata-kata yang tertulis dalam piagam, dan kemudian menyerahkannya kepada Nasir untuk SMSI.

Kehadiran Sekjen SMSI Nasir diantar oleh Ketua Panitia HUT ke-7 SMSI Tundra Meliala, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan SMSI Pusat Dar Edi Yoga, dan pengurus lainnya, dr Nishal Dillon, dan Mulyawan.

“Kami ditemani kawan-kawan bukan karena saya takut tidak sampai tempat ini. Tapi kawan-kawan, ingin ikut merasakan getaran rasa syukur karena mendapat penghargaan rekor MURI,” kata Nasir yang disambut senyum Jaya Suprana. (*)

0
Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba bersama Dirut PD BPR Bahteramas Konawe, Ahmat, saat menerima Penghargaan

KONAWEKITA – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, menerima penghargaan sebagai TOP Pembina BUMD 2024, yang diselenggarakan oleh majalah Top Business, disalah satu hotel, di Jakarta Selatan. Rabu, (20/3/2024).

Dalam kegiatan itu Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, menerima penghargaan atas peran dan kontribusinya dalam mendorong PD. BPR Bahteramas Konawe, menjadi BUMD yang berkontribusi untuk pembangunan di Kabupaten Konawe.

Atas dukungan Pemerintah Daerah (Pemda), Direktur Utama PD. BPR. Bahteramas Konawe, Ahmat, menerima penghargaan sebagai Top CEO BUMD 2024, dan PD. BPR Bahteramas Konawe meraih Kategori Top BUMD Awards 2024 Bintang 5.

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba berharap, penghargaan ini menjadi pendorong bagi BUMD yang ada di daerah untuk terus berinovasi, memberikan pelayanan dan kontribusi dalam pembangunan.

“Selamat kepada Pak Ahmat dan BPR Bahteramas Konawe, semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi BUMD untuk terus berkontribusi membangun Kota Padi,” harapnya.

Diketahui, TOP BUMD Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business (yang diterbitkan PT Madani Solusi Internasional), bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa Lembaga, Asosiasi dan Konsultan Bisnis, seperti LKN (Lembaga Kajian Nawacita), SGL Management, PPM Manajemen.

Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K Harriman & Associate, dan Solusi Kinerja Bisnis, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran Bandung, dengan melibatkan Dewan Juri beberapa Profesor dan Doktor Bisnis Ekonomi, serta para Praktisi dan Konsultan Bisnis. (red)