Tokoh Masyarakat Tolak Pelantikan Camat Wobar

300
0
BERBAGI
Suasana pertemuan tokoh masyarakat Wonggeduku dan Wonggeduku Barat bersama sekda Konawe, Dr. Ferdinad

UNAAHA,KONAWEKITA- Masyarakat dan Tokoh masyarakat Wonggeduku dan Wonggeduku Barat (Wobar) mendatangi Kantor Bupati Konawe, menyatakan penolakan terkait pelantikan Camat Wobar I Gusti SP sebagai Camat Wonggeduku Barat yang diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe Dr. Ferdinand Sapan, Kamis (30/6/2022)

Selain itu kedatangan masyarakat Wonggeduku dan Wobar ini juga untuk menanyakan dasar pertimbangan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengangkat I Gusti SP sebagai camat baru Wonggeduku Barat.

Tokoh masyarakat Kecamatan Wonggeduku, Firdaus F Raha mengatakan, penunjukan I Gusti SP sebagai camat Wonggeduku Barat dinilai tidak cocok dengan kondisi sosial dan budaya masyarakat di wilayah mereka.

” Wonggeduku dalam silsilah kerajaan Konawe merupakan daerah pengambil keputusan (Kotubitara) yang pada masa kerajaan dipimpin oleh seorang keturunan raja (Anakia). Sedangkan saudara I Gusti SP tidak ada dalam silsilah masyarakat Wonggeduku,” tegasnya Firdaus

Tokoh masyarakat Wonggeduku lainnya Zainal Arifin meminta agar Bupati Konawe mempertimbangkan kembali penunjukan I Gusti SP sebagai Camat Wonggeduku Barat.

” Kami berharap Bupati Konawe mempertimbangkan keputusannya, ketika ini dipaksakan maka program pemerintahan di kecamatan tidak akan berjalan dengan baik karena latar belakang pejabat baru dengan wilayah tugasnya ini tidak konek,” ujar Zainal.

Menanggapi persoalan ini, Sekda Konawe, DR Ferdinand mewakili Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengungkapkan pihaknya akan menyampakan kepada bupati agar dipertimbangkan kembali.

“Untuk mementukan sah atau tidak sahnya jabatan itu, secara secara legitimasi sah” ungkap Sekda.

Sekda juga mengingatkan kepada masyarakat agar hal ini tidak direspon secara berlebihan, namun hal ini alangkah baiknya dibiarkan tetap berjalan, “Nanti saya akan sampaikan kepada bupati untuk mempertimbangkan kembali, beri kesempatan kepada saya untuk menyampaikan kepada bupati” ujar Dr. Ferdinad. (Red/KK)

Untuk diketahui I Gusti SP sebelumya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe, dan kini menggantikan Abdul Hasim S.Sos sebagai Camat Wonggeduku Barat. Sementara Abdul Hasim S.Sos menjabat sebagai Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe. (Red/KK)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY