Kesbangpol Konawe Rekrut Paskibraka Jelang HUT Ke-78 RI

186
0
BERBAGI
Plt Kepala Kesbangpol Konawe Tery Indria

UNAAHA,KONAWEKITA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menggear rekrutmen pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka).
Jelang peringatan HUT ke-78 tahun Republik Indonesia, Proses seleksi ini dilakukan secara online yang dilakukan masing-masing siswa/siswi di seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Konawe.

Plt Kepala Kesbangpol Konawe Tery Indria SE. MS.i mengungkapkan pasca terbitnya Perpres 51 Tahun 2021 yang menyebut proses seleksi Paskibraka yang dulu ada di Dinas Pemuda dan Olahraga kini di alihkan di Kesbangpol. Maka Kesbangpol Konawe melakukan perekrutan calon Paskibraka secara Online sejak Februari lalu.

“Untuk tahapan pendaftaran kita sudah lakukan di February-Maret,” jelasnya.

Tercatat 389 siswa dari seluruh sekolah SMA/SMK/MA yang ada di kabupaten Konawe mendaftarkan diri dalam seleksi Paskibraka tahun 2023.

“Kami di Kesbangpol hanya membentuk admin serta panitia seleksi, terkait dengan lulus apa tidaknya itu full Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang menentukan,” ungkapnya.

Kata Tery, peserta yang berhasil melakukan pendaftaran kemudian mengikuti tes secara online 4 hari selama bulan ramadhan kemarin yang terdiri dari tes wawasan kebangsaan, Pancasila dan yang lainnya.

Untuk tes fisiknya dilakukan setelah bulan ramadhan dan semua telah diselesaikan. Tes yang dilakukan ini bersamaan dengan tes paskibraka tingkat nasional dan satu kali perekrutan.

Untuk saat ini anak-anak yang sudah lulus belum bisa diumumkan karena menunggu jadwal dari Provinsi dan Konawe memiliki 4 perwakilan untuk dikirim ke tingkat provinsi.l

Salah satu siswa dari SMA N 1 Unaaha masuk kategori mewakili Sulawesi Tenggara untuk seleksi nasional dan keputusannya tanggal 14 Juli sehingga berpengaruh pada jadwal di Konawe karena ketika tidak jadi di utus akan dipanggil kembali untuk mengisi posisi yang ada.

Sehingga keputusan paskibraka tingkat Konawe menunggu dulu tingkat provinsi rampung.

“Untuk perekrutan kami panitia hanya memfasilitasi dan untuk perekrutan tahun ini melibatkan seluruh sekolah menengah yang ada, mulai dari Abuki, Puriala, Sampara mungkin Routa yang tidak ada karena terlalu jauh,” ujarnya.

“Saat ini sudah ada 75 siswa yang diterima dan nama-namnya sudah kami kantongi,” sambungnya. (Red)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY